oleh

Hadiri Gowes Massal dan Dangdutan, Bupati dan Wakil Bupati Brebes di Tegur Ganjar

Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menegur Bupati Brebes, Idza Priyanti menjadi sorotan publik karena memberikan perizinan kegiatan yang menghadirkan ribuan orang dan tidak mengedepankan jaga jarak serta protokol kesehatan dalam acara gowes massal di Kecamatan Tonjong, Minggu (12/7/2020).

Orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut langsung menegur Bupati dan Wakil Bupati Brebes melalui pesan singkat Whatsapp (WA) setelah mendapatkan laporan dari masyarakat dan kades setempat.

“Barusan saya dilapori teman-teman di Brebes, ada masyarakat dan kades yang lapor saya. Langsung saya lihat berita dan videonya. Lho, Itu kan berbahaya. Langsung WA Bupati dan Wakilnya,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Ganjar pun meminta Bupati Brebes untuk tidak menggelar acara massal dulu. Sebab, kondisi yang terjadi hari ini masih fluktuatif.

“Ini kan di Jawa masih berkembang (COVID-19). Hampir semua titik, di Jateng, Jabar, Jatim dan DIY juga masih terjadi. Maka ayo kita punya sense soal itu,” imbuhnya.

Ganjar meminta Bupati Brebes untuk tidak melaksanakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa.

Selain itu, Ganjar pun meminta Bupati Brebes melaksanakan pemeriksaan massal, baik melalui rapid test maupun PCR test.

“Testing-testing massal ini sebenarnya aktivitas yang didorong. Saya minta coba lakukan tes masif dulu di seluruh wilayah Brebes agar mengetahui petanya seperti apa. Menurut saya itu jauh lebih baik,” tegasnya.

Dikatakan Ganjar, apabila Brebes sudah melakukan tes masif seperti Kota Semarang, maka akan diketahui bagaimana kondisinya. Apakah Brebes masuk zona merah, kuning atau hijau, bisa diketahui.

“Dengan cara itu, maka kita bisa mengetahui kondisi sebenarnya. Kalau mau ada event, ya dipilih mana yang hijau, kecamatan mana, desa mana, yang boleh ikut siapa, protokol kesehatannya seperti apa. Untuk mengetahui mana-mana daerah merah, kuning hijau itu hanya bisa ketahuan melalui tes massal,” tutupnya.

Baca Juga  Jembatan Penghubung Rel KAI di Brebes Putus, Perjalanan Kereta Api Di Jalur 1 Dialihkan 

Sebelumnya, Bupati Brebes, Idza Priyanti menghadiri acara gowes bersama di Kecamatan Tonjong. Acara yang dihelat di salah satu lapangan dengan hiburan dangdut dan orgen tunggal itu dihadiri ribuan orang.

Diketahui foto dan video yang beredar di media sosial, banyak warga tidak memakai masker maupun menerapkan physical distancing.(RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar