oleh

Guna Mendukung Kinerja Puskesmas,Ini yang Dilakukan Sertu Dwi Haryanto

Wonogiri-Babinsa Desa Pagutan Koramil 11/Manyaran Sertu Dwi Haryanto begitu tampak aktif melaksanakan kegiatan mendampingi Pendataan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS PK) di wilayah Lingkungan Bendo Kelurahan Pagutan Kecamatan Manyaran, Senin (1/4/2019).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Sertu Dwi Haryanto mengatakan, sudah tugas dan kewajiban kita selaku Babinsa untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dan disetiap ada kegiatan masyarakat di wilayah binaannya.

” Termasuk salah satunya keikutsertaan kami mendampingi Petugas Kesehatan dari Puskesmas Manyaran melakukan pendataan,” kata Sertu Dwi.

Maksud dan tujuan dari pendekatan kesehatan secara langsung adalah bahwa pihak kesehatan dari Puskesmas akan mendatangi langsung kerumah-rumah warga untuk mengecek secara langsung kesehatan warga, sehingga diharapkan program tersebut akan lebih maksimal dalam pendataan kesehatan yang ada dilingkungan warga secara bertatap muka langsung dengan warga.

Drg. Evi selaku kepala puskesmas Manyaran menyampaikan bahwa pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di tingkat Puskesmas dilakukan melalui kegiatan melakukan pendataan kesehatan seluruh anggota keluarga,membuat dan mengelola pangkalan data Puskesmas,menganalisis, merumuskan intervensi masalah kesehatan, dan menyusun rencana Puskesmas, melaksanakan kunjungan rumah dalam upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi, melaksanakan pelayanan kesehatan (dalam dan luar gedung) melalui pendekatan siklus hidup,dan melaksanakan Sistem Informasi dan Pelaporan Puskesmas. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed