oleh

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Antar Didi Kempot ke Peristirahatan Terakhir

Ngawi- Tangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prannowo bergetar saat menaburkan bunga di atas pusara Didi Kempot. Sambil memanjatkan doa, Ganjar melepas kepergian The Godfather of Broken Heart itu ke tempat peristirahatan terakhir.
Hubungan emosional yang dekat antara Ganjar dan pelantun lagu Stasiun Balapan itu yang membuat Ganjar rela datang untuk menghadiri pemakamannya. Menempuh jarak ratusan kilometer, Ganjar menempuh jalur darat dari Semarang menuju tempat pemakaman Didi Kempot di Mejasem Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (5/5).

Setibanya di lokasi, jenazah Didi Kempot baru saja akan diberangkatkan ke pemakaman. Meski dijaga ketat petugas kepolisian dan kesehatan, ratusan Sobat Ambyar tetap memenuhi prosesi pemakaman itu.

Ganjar mengikuti prosesi pemakaman dengan tetap jaga jarak. Ia rela melihat dari belakang karena menghindari kerumunan. Hingga tiba saatnya ia diberikan jalan untuk memberikan penghormatan terakhir berupa mendoakan dan menabur bunga di makam Didi Kempot.

“Mas Didi Kempot adalah seniman yang sangat menginspirasi. Di tengah pandemi corona ini, beliau masih bisa survive dan menginspirasi para seniman lain,” kata Ganjar.

Tak hanya seniman, Ganjar sendiri mengatakan sangat terinspirasi dengan seorang Didi Kempot. Beberapa waktu lalu, dirinya berdialog dengan seniman-seniman di Jateng dan memutuskan membuat panggung pertunjukan kecil di kediamannya. Panggung Kahanan Mositifi Covid 19 namanya. Panggung itu ia gunakan sebagai tempat para seniman mentas yang disiarkan live streaming di akun sosial media.

“Kemarin baru sekali tampil, rencananya selama ramadhan ini mereka para seniman akan tampil. Itu inspirasinya ya mas Didi ini. Mas Didi menginspirasi saya dan para seniman nasional lain dengan konsep konser amal dari rumahnya yang sukses kemarin,” tegasnya.

Baca Juga  Anak Muda Pekalongan Bergerak Bangun Usaha

Didi Kempot lanjut Ganjar memang sudah tiada. Namun dedikasi dan semangat yang ia ajarkan, tidak boleh hilang ditelan zaman.

“Beliau mengajarkan pada semua, bahwa seniman jangan menyerah. Terus bergerak dan berkreasi. Soal rejeki, Allah yang menentukan, tapi jangan berhenti berkarya. Itulah mas Didi Kempot,” tegasnya.

Didi Kempot lanjut Ganjar juga menjadi icon seniman yang mampu menembus batas dalam bermusik. Saat banyak orang menganggap musik tradisional katrok dan pinggiran, ia mampu mengubah segalanya dan menembus batas-batas itu.

“Sekarang musik tradisional telah masuk ke jantung hati semua orang. Tidak pandang dia siapa, tapi semua bisa bergoyang ambyar semuanya,” ucapnya.

Ganjar mengatakan sangat kehilangan musisi hebat sekelas Didi Kempot. Ia meminta masyarakat untuk mendoakan yang terbaik padanya.

“Didi Kempot adalah orang yang selalu memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Kami tentu akan kehilangan, semoga husnul khotimah,” tutupnya. (sumber PDI Perjuangan )

Komentar

Tinggalkan Komentar