oleh

Gradasi, Komunitas Sosial Bantu Keluarga Tidak Mampu

Semarang –  Gerakan Donasi Peduli (Gradasi) merupakan program yang digagas Pemuda Gorobogan. Bertujuan pengumpulan donasi untuk orang-orang yang sedang mengalami kesulitan.

Gerakan yang dipelopori Lukman Jefri Sanjaya pada pertengahan 2018 silam di Kabupaten Grobogan, ini  memiliki prinsip “Life is Right” yang dilekatkan kepada semua anggota komunitas.

Gradasi sendiri bermakna perubahan warna secara gradual yang disimbolkan sebagai perubahan dan optimisme.

Dikatakan, Lukman jefri Sanjaya melihat di daerahnya belum ada komunitas yang secara kusus bergerak dibidang pengumpulan donasi.

Pria yang akrab disapa Lukman tersebut mengatakan berawal dari kurangnya peran pemuda yang belum optimal dengan lingkungan perihal dalam membantu pengembangan masyarakat.

Akhirnya, Lukman dan beberapa teman tersebut mendirikan komunitas Life is Right dengan melihat kondisi di masyarakat sekitar.

“Dari situ dibentuklah suatu wadah untuk bergerak bersama dalam bingkai sosial berlandaskan Pancasila,” ujar Lukman melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan Gnews Id, Jum’at (8/1/2020).

Lebih lanjut Lukman mengungkapkan sejak berdirinya komunitas tersebut telah mengadakan 10 event untuk mendistribusikan bantuan di antaranya penyaluran bantuan kepada korban banjir beberapa waktu lalu.

Saat ini, Gradasi sedang menggalang donasi untuk sebuah keluarga yang mengalami kesulitan.

Lukman menceritakan ada sebuah keluarga di Desa Temon, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan yang terdiri dari  kakek nenek Suparjo dan  Sri,  yang lanjut usia dan hidup bersama dua anak usia SMP dan SD serta ketiga cucunya yang masih kecil.

“Pak Suparjo hanya seorang pekerja harian lepas dengan kondisi rumah yang kurang layak serta tidak memiliki penghasilan tetap. Dia harus menafkahi kedua anaknya yang masih usia SD dan SMP serta ketiga cucunya,” kisahnya.

Lukman menceritakan anak pertamanya yang telah dewasa dan memberinya cucu telah meninggal dunia. Sementara anak keduanya meninggalkannya tanpa kabar.

Baca Juga  Empati David Ikut Ringankan Pasien

“Anak pertamanya sudah meninggal sedangkan anak keduanya pergi tanpa ada kabar,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, Desa Menduran Kecamatan Brati Grobogan juga ada satu keluarga yang butuh uluran tangan dari para dermawan.

Keluarga itu yang terdiri dari Ayah, Ibu dan tiga orang anak. Anak yang ketiga baru saja dilahirkan.

Lukman menceritakan sang Ayah bernama Anjar kesulitan membagi waktu untuk bekerja dan mengurus rumah serta anak-istrinya. Kondisi itu terjadi karena sang istri mengalami pembengkakan perut setelah melahirkan anak ketiganya.

Hal itu diperparah karena kondisi anak pertama dan kedua yang kesulitan dalam bersosialisasi.

“Pak Anjar itu cuma pekerja serabutan sedangkan istrinya, ibu Sri, sedang sakit. Ditambah anak pertama dan kedua yang kesulitan bersosialisasi,” paparnya.

“Ibu Sri juga sedang kesusahan untuk bergerak karena perutnya membesar karena komplikasi setelah melahirkan anak ketiga. Jadi sekarang Pak Anjar yang mengurusi urusan rumah tangga dan mengsuh anak sehingga Pak Anjar tidak bisa bekerja,” kisah Lukman.

Saat ini komunitas Gradasi sedang menggalang donasi melalui media sosial untuk membantu kedua keluarga itu. Bantuan sendiri bisa disalurkan melalui rekening BRI 601501016129534 atas nama Siti Nurul Koriah atau melalui rekening BNI 502556081 atas nama Fajar Istikhomah.

Lukman memaparkan visi dan misi Gradasi antara lain menjadi organisasi sosial kepemudaan yang mampu bersinergi, tanggap, dan mandiri dalam peran pembangunan SDM di Indonesia dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila dengan tujuan terbentuknya pemuda yang berjiwa sosial dalam membangun sumber daya manusia yang unggul sebagai agen perubahan untuk Indonesia.

“Visi dan misi tersebut diwujudkan antara lain dengan embantu masyarakat yang membutuhkan bantuan secara cepat dan mendorong masyarakat untuk peduli memberikan bantuan terhadap sesama bentuk kegiatan pengumpulan donasi dan aksi cepat tanggap sesuai dengan kebutuhan,”tutup Lukman. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed