oleh

Golkar Unggul di Jabar, Pakar Politik Unpad: Ace Hasan Berperan Sentral

Bandung-Berdasarkan sumber real count KPU RI partai Golongan Karya (Golkar) berhasil meraih suara terbanyak di Provinsi Jawa Barat pada Pemilu 2024, baik untuk pemilihan anggota DPR RI maupun DPRD provinsi. Hal ini menunjukkan kemenangan telak partai berlambang pohon beringin di wilayah yang memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia.

Untuk daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat II misalnya, berdasarkan hasil pleno KPU kabupaten Bandung dan kabupaten Bandung Barat Golkar memperoleh 497.508 suara untuk pileg DPR RI. Di dapil tersebut Golkar meraih dua kursi. TB. Ace Hasan Syadzily selaku ketua DPD Golkar Jawa Barat meraih suara tertinggi dengan mengantongi 107.704 suara, disusul Dadang M. Naser yang meraih 100.690 suara.

Pakar politik Unpad Asep Sumaryana menilai, selain karena kerja keras pimpinan, para kader, dan simpatisan partai, kemenangan Golkar di Jawa Barat tidak lepas dari pengalaman Golkar dalam berkiprah di dunia politik.

“Selain pengalaman, kerja keras para kader dan simpatisan yang disertai oleh pimpinan partai Golkar juga berperan besar dalam menggalang kepercayaan dari masyarakat di Jabar,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (7/3/2024).

Ditambahkan Asep, perilaku elemen Golkar yang tidak *mancigah* juga turut mempertahankan suara Golkar hasil peninggalan terdahulu.

Tidak hanya itu, menurutnya trend pemilih yang juga berperan. Saat ini pemilih pemula yang cukup besar menjadi faktor yang digarap intensif oleh elemen Golkar dengan cara-cara yang relevan dengan selera dan minat para pemilih tersebut.

Sementara, untuk kalangan pemilih tradisional senantiasa dirawat oleh para kadernya sehingga sebagian menjadi pemilih loyalis partai Golkar.

Secara khusus Asep juga menyoroti peran sentral dari sosok Ace Hasan Syadzily (Kang Ace) selaku ketua DPD Golkar Jawa Barat. Menurutnya, kemenangan Golkar di Jabar tidak lepas dari kepiawaian Ace Hasan dalam memimpin partai berlambang pohon beringin tersebut.

Baca Juga  Petani Milenial, Gimmick Atau Nyata

“Memang sosok Ace itu cukup sentral. Dalam arti ngigelan dan ngigelkeun para kader dan simpatisan cukup baik mengingat penjiwaan terhadap seluruh elemennya cukup bagus juga. Akibatnya dukungan atas langkahnya cukup bagus dari berbagai elemen,” pungkasnya.(Red)

Komentar

Tinggalkan Komentar