oleh

Goes to Campus, Sosialisasi Identitas Kependudukan Digital

Pemalang – Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan suatu inovasi dalam digitalisasi dokumen kependudukan bagi penduduk Indonesia.

Sosialisasi penerapan identitas digital, dilakukan dalam beberapa tahap sebelum diterapkan pada masyarakat umum.

“Untuk tahap awal akan diterapkan pada pegawai di lingkungan Disdukcapil kabupaten/kota, selanjutnya pegawai ASN seluruh Indonesia, kemudian mahasiswa dan pelajar,” jelas Hendro Susilo, saat melakukan sosialisasi di ITB Adias, Selasa (4/4/2023).

Dalam IKD tidak hanya dokumen kependudukan KTP-el dan Kartu Keluarga secara digital namun terdapat dokumen lain yang secara otomatis dapat diakses misalnya kartu vaksin Covid-19, NPWP, informasi Kepemilikan Kendaraan, Informasi BKN (Badan Kepegawaian Nasional, BPJS, DTKS, serta Daftar Pemilih Tetap tahun 2024.

Sosialisasi ini dilakukan untuk pembekalan para Mahasiswa ITB Adias Pemalang. H Noorosyadi Selaku Rektor ITB Adias Mengatakan bahwa dirinya mendukung penuh pentingnya pengetahuan Digital karena Semua sudah menggunakan elektronik semua, disisi lain dengan program pemerintah yang mahasiswa juga butuhkan.

Hendro mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi ini dimaksudkan adalah untuk mentrasformasikan dari KTP elektronik berbasis Digital, sehingga KTP digital ini sudah ada di genggaman masing-masing. Para mahasiswa dengan hape ditangan dalam membuka dengan mudah dan praktis (RedG/Rokhim).

Komentar

Tinggalkan Komentar