oleh

GIPI Inisisasi Pemalang Tourism Information Center

Pemalang – Salah satu program unggulan dari pemerintah Kabupaten Pemalang di bawah pemerintahan Mukti Agung Wibowo dan Mansur Hidayat adalah Desa Wisata. Program ini langsung disambut baik oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Kabupaten Pemalang.

Melihat potensi wisata yang ada baik potensi wisata alam buatan serta ekosistem pendukung pariwisata antara lain hotel, restoran , pusat oleh-oleh, kuliner dll. Disamping itu adanya jalan tol Trans Jawa dengan exit gandulan sangatlah mendukung dunia pariwisata di Kabupaten Pemalang.

Walaupun masih didera wabah pandemic Corona, geliat pariwisata di pemalang harus tetap dilaksanakan. Dalam waktu dekat GIPI Kabupaten Pemalang akan melaunching Pemalang Tourism Information Center (Pemalang TIC)

Pemalang TIC ini akan ditempatkan di Gandulan Culinery Center (GCC) yang dekat dengan exit tol Gandulan.

“Pemalang TIC ini merupakan pusat informasi pariwisata di Kabupaten Pemalang, dapat dikatakan POemalang TIC ini merupakan cek point bagi wisatawan yang masuk di kabupaten pemalang.” Terang Imam Suryono, wakil ketua GIPI Pemalang, Minggu (21/3/2021)

Tentunya Pemalang TIC ini menjadikan GCC tidak sekedar cek point bagi wisatawan yang masuk di Kabupaten pemalang, melainkan sebagai suatu etalase bagi pariwisata di kabupaten pemalang. Nanti akan kami sediakan pula pusat oleh-oleh, pusat kerajinan dan lain sebagainya.

Tentunya kebijakan pembangunan TIC ini merupakan hal strategis dalam membangun dunia Pariwisata di kabupaten Pemalang.

Selain pembangunan Pemalang TIC, GIPI Pemalang dalam waktu dekat pula akan membuat Nandulang (Nanas Madu Pemalang) 2021 Travel Challenge.

Nandulang 2021 Travel Challenge merupakan suatu paket wisata wisata yang menggabungkan atau mengkonsolidasikan tiga desa wisata yaitu desa wisata Mendelem, Bulakan dan Sikasur.

Ketiga desa wisata ini mempunyai keunikan yang menarik bagi wisatawan. Dikemukakan oleh ketua GIPI Kabupaten Pemalang Teguh setya Yuwana, beberapa keunikan yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Di Desa Mendelem, wisatawan dapat menikmati Taman Rancah dengan wisata minat khusus satu-satunya di Jawa Tengah berupa panjat tebing Via Ferrata dan obyek wisata buatan Jambe Kembar.  Desa Wisata Bulakan wisatawan akan disuguhi  agrowisata, salah satunya petik nanas, selain itu ada tari nanas dan tentunya cagar alam Candi Bulakan memberikan suasana tersendiri. Desa Wisata Sikasur atau dikenal dengan Desa Wisata Cubeng (Curug Bengkawah) pengunjung akan menikmati indahnya alam pedesaan, ada curug Bengkawah, home stay, kesenian tradisional serta wisata minat khusus Arung jeram.

Baca Juga  Kapolres Bangka Barat Tegaskan Polri Netral Dalam Pilkada Serentak Tahun 2020

“Kedepannya tidak hanya tiga desa wisata, melainkan 27 desa wisata akan kami berdayakan” kata teguh .  (RedG/*)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed