Pekalongan – Jajaran Polres Pekalongan bersama dengan Kodim 0710/Pekalongan dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan kembali membentuk dan meresmikan kampung tangguh di Desa Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan sebagai upaya pencegahan dini penyebaran Covid-19, Senin (8/6/2020)

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si mengatakan, pembentukan kampung tangguh sebagai salah satu bentuk upaya melakukan pencegahan dini, memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Adapun daerah yang menjadi percontohan sudah ada 22 Desa yang ada di wilayah hukum Polres Pekalongan dan kedepannya kita akan tambah lagi jumlah kampung Tangguh Nusantara,” kata Kapolres.

Ia menambahkan, pembentukan kampung tangguh tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan potensi yang ada di setiap daerah tersebut untuk dapat melakukan kesiapan tindakan awal terkait dengan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, baik itu nantinya apabila ditemukan warga yang terkonfirmasi positif sampai dengan pengurusan dan pemakaman jenazah,” ujar dia.

Kapolres juga menjelaskan nantinya dalam kampung tangguh ini, aktivitas masyarakat dapat terekam/terdata serta terpantau. Sehingga apabila ada warga yang terkonfirmasi positif dengan mudah akan diketahui warga tersebut tinggal dan kemana saja warga tersebut beraktivitas.

Ia mengakui pembentukan kampung tangguh ini masih banyak yang harus disempurnakan. Untuk itu Partisipasi aktif dari masyarakat sangat diperlukan dalam pelaksanaan kampung tangguh tersebut, seperti koordinasi antar lembaga serta instansi terkait sangat diperlukan guna mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kapolres AKBP Aris. (RedG/Syarifuddin)

Tinggalkan Komentar