Solo-Peringati Hari Anak sedunia (World Children’s Day), Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta manfaatkan wayang Covid-19 untuk mengedukasi warga sekolah dan masyarakat luas pentingnya manajemen literasi keuangan di tengah pandemi, Jum’at (20/11/2020).

”Pembelajaran literasi keuangan untuk pelajar SD dan setingkatnya bertujuan menginspirasi generasi kekinian untuk menjadi Duta Menabung. Bersamaan hari anak sedunia 20 November,” ujar Jatmiko Waka Humas di tengah persiapan membersamai Gibran di acara Solo Keren 2020.

Lebih lanjut, Jatmiko mengatakan, Dalang Cilik Gibran Maheswara yang lahir di Karanganyar 10 Juni 2011 sebagai salah satu model siswa kekinian yang berbakat multi talenta. Pengenalan literasi keuangan dan sosial perlu dilakukan sejak usia dini. Menabung dimaknai sebuah proses berkelanjutan meraih cita-cita.

“Setiap anak dan peserta didik adalah spesial dan memiliki karakter. Teruslah tumbuh dan berkembang mengikuti cita-citamu!,” ujarnya.

Literasi keuangan merupakan ketrampilan yang wajib dikuasai di abad 21. Keterampilan siswa agar bisa membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial.

Agung Sudarwanto pembimbing Gibran menerangkan, untuk bisa mendidik anak dengan bermain seorang pendidik harus juga menjadi seorang pendongeng, penyanyi yang dikemas dengan teatrikal. Sehingga terjadi pembelajaran yang menyenangkan dan menggembirakan.

”Anak, selain bertumbuh secara fisik, dia juga berkembang secara psikologis, kreatif dan suka meniru,” jelasnya.

Bermain wayang, membutuhkan energi yang mencukupi untuk mewadahi dan mendukung bakat minat anak.

“Menabung sedikit demi sedikit akan memenuhi keinginan seorang dalang memperoleh sarana dan prasarana dalam suatu pertunjukkan. Misalnya wayang, gamelan, yang harganya tidak murah. Itu menandakan bahwa bermain wayang bukan, permainan yang murahan,” beber Agung Sudarwanto MSn yang merupakan anggota Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Solo.

Sementara itu, Gibran Maheswara dalam moment berbahagi mengucapkan, Selamat Hari Anak Sedunia 2020!.

“Semoga setiap anak Solo, Jawa, Indonesia dan di Dunia bisa memiliki kesempatan dan kebahagiaan yang sama di masa depan dengan cara menabung sejak dini,” ucap Gibran dalang cilik.(RedG/Aris)

 

Tinggalkan Komentar