Wonogiri – Bertempat di Dusun Guyangan RT 03 RW 04, Desa Sedayu, telah dilaksanakan kegiatan Posyandu dan Posbindu Posyandu Lansia yang diselenggarakan oleh UPTD Puskesmas Pracimantoro, Senin (19/11).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Desa Sedayu Happy Kurniawan, Danramil 13/Pracimantoro yang diwakilkan kepada Babinsa Sedayu Serda Sarmono, Kader Posyandu Desa Sedayu (Ketua Sugiyarti, Seketaris Diyana, Anggota Surip Purwani, Marsih dan Sri Wahyuni), Tim UPTD Puskesmas Pracimantoro 2 (Atun Rahayu, Aning Suryo Sri Hidayat, Sri Pancawati, Sri Suryani dan Anggoro Safari) dan para lansia Desa Sedayu.

Sambutan Kepala Desa Sedayu Happy Kurniawan mengatakan kendala pelaksanaan kegiatan Posyandu Lansia ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengikuti kegiatan posyandu antara lain Pengetahuan lansia yang rendah tentang manfaat posyandu, Kurangnya dukungan dari keluarga, Masih kurangnya sosialisasi Posyandu Lansia, Pengetahuan Posyandu Lansia dapat diperoleh dari pengalaman pribadi dalam kehidupan sehari-harinya dengan menghadiri setiap kegiatan posyandu.

“Dengan Pospindu maka para Lansia akan mendapatkan penyuluhan tentang bagaimana cara hidup sehat dengan segala keterbatasan atau masalah kesehatan yang melekat pada mereka. Dengan seringnya mengikuti kegiatan Pospindu maka pengetahuan lansia menjadi meningkat yang menjadi dasar pembentukan sikap dan dapat mendorong minat atau motivasi mereka untuk selalu mengikuti kegiatan posyandu lansia. Untuk Bidan Desa agar menggalakkan program Posyandu lansia ini dengan maksud para lansia tau manfaat daripada Pos Pelayanan Terpadu lansia ini,” katanya.

Dia menuturkan kesediaan lansia untuk mengikuti kegiatan posyandu lansia adalah yang keluarga bisa menjadi motivator kuat bagi lansia apabila selalu menyediakan diri untuk mendampingi atau mengantar lansia ke posyandu, mengingatkan lansia jika lupa jadwal posyandu dan berusaha membantu mengatasi segala permasalahan bersama lansia.

Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo melalui Babinsa Sedayu Serda Sarmono menyampaikan selaku Babinsa, dengan adanya posyandu di setiap desa diharapkan mampu mengatasi masalah kesehatan sampai ke lapisaan paling bawah. Diharapkan dengan posyandu akan terwujud balita yang sehat sesuai program pemerintah, karena balita merupakan cikal bakal yang kelak tumbuh dewasa dan akan menggantikan generasi tua.

“Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia, dan lebih di kedepankan terhadap kontrol penyakit tidak menular (PTM) biasanya dengan adanya kegiatan Posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit Hypertensi, diabetes, Asam urat dan lainnya akan dapat terkontrol sehingga kesehatan mereka akan semakin baik,” tegasnya. (RedG)

Tinggalkan Komentar