oleh

Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2021 Polres Bangka Tengah Siap Tekan Penyebaran Covid-19

Bangka Tengah – Serentak se Indonesia Kepolisian Republik Indonesia menggelar apel gelar pasukan operasi ketupat 2021. Polres Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan apel gelar pasukan operasi ketupat 2021 dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah di Halaman Polres Bangka Tengah, Rabu (5/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman secara optimis mengemukakan operasi ketupat tahun 2021 akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Ya Alhamdulilah hari ini kita gelar apel pasukan ketupat Menumbing tahun 2021 dalam rangka perayaan idul Fitri 1442 Hijriah,” ujar Algafry.

Bupati menekan dan mengajak semua stakeholder yang ada untuk dapat melaksanakan operasi ketupat secara lancar.

“Saya pikir ini agenda sudah secara nasional dilaksanakan dan kami optimis bersama seluruh stakeholder yang terlibat dalam pengamanan ini, TNI, POLRI kita juga dibantu oleh Satpol PP, serta dinas terkait, sehingga saya yakin insya Allah semua berjalan dengan baik dan lancar,” tambahnya.

Lebih lanjut Algafry menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mengingatkan Masyarakat untuk tetap taat terhadap protokol kesehatan.

“Insya Allah mudah-mudahan tidak terjadi apapun, namun yang kita lakukan ini adalah sebagai antisipasi, dikarenakan kondisi Covid-19 masih ada, jadi di sini kita berupaya untuk mengingatkan seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yang mana ini sangat penting untuk disampaikan,” tutur Algafry.

Di tempat yang sama Kalpores Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo mengatakan pihaknya telah mendirikan pos-pos pelayanan.

“Untuk Operasi Ketupat Menumbing 2021 yang digelar Polda Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Polres Bangka Tengah, kami ada 5 titik untuk melakukan pelayanan dan pengamanan, di mana kami dirikan pos-pos pelayanan, yaitu batas-batas wilayah antar Bangka Tengah dan Kabupaten luar serta titik yang paling rawan, di mana itu menjadi fokus utama kami,” ujarnya.

Baca Juga  Proyek Jalan Penyak-Pelempat di Keluhkan Masyarakat Tidak Ada Penerangan dan Rambu

Kapolres juga memfokuskan pelayanan dan pengamanan di pelabuhan Sungai Selan.

“Salah satunya di pelabuhan Sungai Selan, yang mana kami mengantisipasi keluar masuk masyarakat, yang dalam artian sudah dilarang untuk mudik, tetapi tetap mencoba,” lanjut AKBP Slamet.

Dia menambahkan bahwa memang ada beberapa jalur yang tidak resmi.

“Karena memang ada beberapa jalur yang tidak resmi ataupun yang sering disebut jalur tikus, yang mana kemungkinan akan digunakan Masyarakat untuk keluar masuk wilayah,” kata AKBP Slamet.

Dirinya pun berujar bahwa pihaknya melibatkan 120 Personil dalam pasukan operasi ketupat tahun 2021.

“Berkaitan dengan berpergian ke luar provinsi, karena berseberangan dengan Sumatera Selatan, kita siapkan personil dan melibatkan 120 orang untuk kekuatan,” ujar AKBP Slamet.

Selain mengerahkan pasukan, Kapolres menghimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan serta menghindari kegiatan kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

“Di mana Polri, TNI, dinas instansi terkait, Satpol PP, serta organisasi Pramuka, Telkom, Dinas Kesehatan dan lainnya, kami tergabung dalam operasi ketupat ini dan yang paling utama untuk mencegah penyebaran Covid-19, karena untuk pengamanan Idul Fitri sendiri sudah banyak edaran-edaran, InsyaAllah akan ditaati semua masyarakat baik itu protokol kesehatan, kegiatan-kegiatan yang sekiranya dapat menimbulkan penyebaran Covid-19 pun dimohon untuk ditiadakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, beliau pun menyampaikan pihaknya menolak bila ada Masyarakat yang ingin berpergian untuk pulang kampung alias mudik.

“Kami sudah konfirmasi dengan tingkat provinsi dari pak gubernur, pak Kapolda di mana kami tetap akan menolak Masyarakat yang mencoba masuk dari luar provinsi ataupun antar daerah, yang salah satunya menyuruh putar balik, manakala tidak bisa terealisasi maka kami siapkan rumah karantina untuk dilakukan test, jadi tidak boleh keluar sampai selesai karantina,” tandas AKBP Slamet.

Baca Juga  7 Catar Akpol Dikirim Panda Polda Jambi

Selanjutnya kegiatan apel ditutup dengan pengecekan Ranmor. (RedG/Rizal).

Komentar

Tinggalkan Komentar