oleh

Gedung Perpustakaan Bangka Tengah 4 Lantai Resmi Dibuka Untuk Umum

Bangka Tengah – Bupati Bangka Tengah bersama Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Tengah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Tahun 2023, sebesar Rp 9.6 miliyar, Rabu (28/2/2024).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan dengan hadirnya Perpusda yang kita miliki saat ini akan memberikan warna baru bagi dunia literasi di Kabupaten Bangka Tengah.

“Bahwa tujuan berdiri Perpus, oleh pemerintah adalah masyarakat bisa gemar membaca dan literasi semakin baik serta memahami apa yang dibaca,” ucapnya.

Ia menjelaskan masih ada beberapa hal yang harus dibenahi terkait fasilitas dari Perpusda ini.

“kita sampaikan juga, bahwa kita mau menambah koleksi dan kelengkapan yang masih kurang,” ungkapnya.

Selain itu, tidak serta merta kita hanya menyediakan fasilitas, namun SDM dari pustakawannya juga harus bagus, sehingga masyarakat yang datang dapat merasa dibimbing dalam mendapatkan buku bacaan yang tepat untuk mereka.

“Semoga para siswa dan guru kita dapat antusias meramaikan dan menikmati pelayanan yang dapat diperoleh dari Perpusda ini sehingga dapat meningkatkan minat baca,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Supriyanto mengatakan terkait dengan anggaran DAK pelayanan perpustakaan, ini memang sudah jadi komitmen dari pemerintah pusat.

“Dalam rangka memperjuangkan layanan perpustakaan baik secara kualitas maupun kuantitas,” jelasnya.

Lanjutnya, tahun depan kami juga akan mengusahakan pengadaan DAK non fisik, yakni dalam bentuk pembinaan, pengembangan TIK di bidang perpustakaan, serta dalam bentuk pemeliharaan gedung layanan perpustakaan,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar