oleh

Ganjar Tinjau  Jogo Tonggo di Balai RW 5 Jomblang, Semarang

Semarang – Program Jogo Tonggo yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah dilaksanakam oleh masyarakat Jateng dalam menghadapi masa pandemi virus Covid-19.

Seperti yang dilanhsir dari Humas Provinsi Jawa Tengah, Ganjar melihat langsung saat kunjungannya di Balai RW 5 Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari yang telah menerapkan Jogo Tonggo.

“Ternyata program Jogo Tonggo-nya sudah mulai berjalan. Masyarakat sudah menerapkan program untuk menjaga masyarakat baik di bidang seni hiburan, kesehatan, ekonomi dan sosial keamanan,” kata Ganjar saat berkunjung di Balai RW 5 Jomblang, Minggu (10/05).

Saat peninjauannya, Ganjar terlihat senang karena program lumbung pangan juga sudah dilaksanakan sebagai pendukung program Jogo Tonggo. Dalam Jogo Tonggo, masyarakat yang mampu saling membantu, bantuan dari semua pihak ditampung jadi satu untuk kemudian disalurkan pada warga yang membutuhkan.

Dalam kesempatan yang sama, Driyanto, Ketua RW 5 Kelurahan Jomblang, mengatakan warganya bergotong royong menjalankan program tersebut. Selain itu, lanjut Driyanto, mereka memanfaatkan Balai RW sebagai lumbung pangan sekaligus tempat untuk mendata masyarakat dari sisi ekonomi, kesenian, hiburan, sosial, kesehatan dan lainnya.

“Program Jogo Tonggo ini kami laksanakan sesuai perintah Pak Gubernur dalam menghadapi covid-19. Kami mencoba memenuhi semua kriteria yang ada, mulai ekonomi, sosial, keamanan, kesehatan dan hiburan,” ujar Driyanto.

Menurut Driyanto, Program ekonomi digunakan untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi. Sementara program hiburan, salah satu kegiatannya adalah mengoptimalisasikan kreativitas warga dalam berkesenian serta memberikan hiburan kepada anak-anak sekolah.

“Di bidang sosial keamanan kami selalu berjaga dan mengingatkan kalau ada warga berkerumun. Orang luar yang masuk juga didata satu persatu. Di bidang kesehatan, kami melakukan pendataan warga yang rentan seperti lansia dan sebagainya,” imbuh Driyanto.

Baca Juga  Terkait Dana Covid-19, Mendagri Tegur Keras 19 Kepala Daerah, Termasuk Ridwan Kamil

Dalam kunjungannya, Ganjar tidak membawa tangan kosong saja melainkan dia menyumbang bantuan puluhan paket sembako. Dalam pemberian sembako, Ganjar mengatakan agar bantuan tersebut dikelola di lumbung pangan dan dibagika pada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya titip tolong perhatikan lansia, juga ibu hamil dan menyusui. Lansia perlu diperhatikan karena mereka sangat rentan. Sementara ibu hamil dan menyusui penting kita perhatikan karena mereka sedang merawat calon generasi penerus, jangan sampai anak-anak mereka stunting karena kurang gizi akibat pandemi,” tegas Ganjar.

Hal ini yang sudah menerapkan Jogo Tonggo di Jawa Tengah yaitu Pemuda Desa Kendengsidialit Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, warga RT 6 RW 3 Perumahan SUPM Tegalsari Kota Tegal, Desa Sidorejo RW 5 Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri, dan Kelompok Wanita Tani ( KWT) Cengkir Gading Desa Selakambang Kecamatan Kaligandong Kabupaten Purbalingga. (RedG/Dicky Tifani Badi).

 

Komentar

Tinggalkan Komentar