oleh

Ganjar Pranowo: Pramuka Harus Menjadi Penggerak Utama Gerakan Pemuda

PEMALANG – Ribuan siswa-siswi Pramuka dari berbagai daerah se Jawa Tengah dan masyarakat memadati lapangan Desa Nyalembeng, obyek wisata Tangkeban, Pemalanguntuk mengikuti puncak peringatan Hari Pramuka tingkat Provinsi Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat memimpin upacara tersebut mengatakan, Pramuka adalah penerang generasi bangsa dimanapun berada, sebab pemikiran dan tindakannya merupakan tauladan bagi anak-anak muda masa kini.

Menurut Ganjar, Pramuka harus menjadi penggerak utama gerakan pemuda, baik yang ada di Kwarnas, Kwarda, Kwarcab, maupun Kwaran, karena untuk menuju Indonesia emas di tahun 2045, kata Ganjar kita memerlukan sumber daya manusia kelas atas.

Ganjar meyakini bahwa dengan segala kemampuan mental, fisik dan kecerdasan, pramuka dapat menjelma menjadi energi besar untuk mewujudkan kemajuan negara di masa yang akan datang.

Terlebih seluruh anggota pramuka dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan tambahan yang diberikan oleh para kakak pembinanya dalam berbagai kegiatan pengembangan.

“Maka manusia-manusia pramuka tidak akan kaget jika diberi mandat untuk mengelola lingkungan, mengelola sosial kemasyarakatan, pendidikan, kesehatan perekonomian, sampaikan kenegaraan,” tuturnya.

Ganjar merasa kagum dengan semangat para anggota pramuka yang telah bekerja membantu masyarakat sepenuh hati dan cinta serta mendorong pramuka agar siap mendapatkan tanggung jawab memajukan bangsa.

“Anggota pramuka pasti akan luwes untuk diberikan tanggung jawab apapun karena pramuka akan bekerja bukan hanya dengan kecerdasan saja, tapi juga dengan sepenuh cinta. Inilah pramuka kita,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengapresiasi 218 kontingen pramuka Kwarda Jateng yang berhasil mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea Selatan meski diterpa panas ekstrem.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka se Jawa Tengah juga dilaksanakan berbagai perlobaan. Kabupaten Pemalang berhasil meraih juara 1 kategori partisipasi dalam lomba ETK (Estafet Tunas Kelapa) se Jawa Tengah yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu 27 dan 28 Agustus 2023.

Baca Juga  Ini Kata Warga Setono Kota Pekalongan Tentang Hasil TMMD Selama Ini

Penyerahan piala dan piagam kejuaraan dilakukan dalam upacara Hari Pramuka Ke 62 Tingkat Kwarda Jawa Tengah yang dipimpin Ketua Mabida Ganjar Pranowo.

Dalam lomba ETK tersebut ada 6 kategori yang dilombakan yaitu kategori penyelenggaraan, partisipasi, bakti masyarakat, publikasi, jalan cantik dan juara umum. Selain Pemalang, beberapa Kabupaten lain yang meraih juara adalah Cilacap sebagai juara umum kategori Publikasi dan Purbalingga sebagai juara 1 ETK.

Sebelum dilaksanakannya upacara, dilakukan serah terima Tunas Kelapa dari Ketua Mabicab Pemalang, Mansur Hidayat kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah Riena Setyaningrum untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua Kwarcab Pemalang, Sukarso.

Dalam kegiatan itu, Ganjar Pranowo memberikan penganugerahan tanda penghargaan gerakan pramuka lencana pancawarsa 4 kepada Ketua Kwarcab Kabupaten Pemalang Sukarso atas jasanya yang besar bagi pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar