oleh

Forkopincam Wuryantoro Ikuti Apel Peringatan Hari Sampah Nasional

Wonogiri- Forkopincam Wuryantoro melaksanakan kegiatan Apel bersama dalam rangka Hari Sampah Nasional tahun 2019 yang bertempat di hutan Pinus Desa Gumiwang lor Kecamatan Wuryantoro, Jumat (22/3).

Hadir dalam apel tersebut diantaranya Camat Wuryantoro Purwadi, Batuud Koramil 10/Wuryantoro Pelda Suwarno, Kapolsek Kompol Moch. Susilo, Dinas Lingkugan Hidup Estri W, para Kades Se-Kecamatan Wuryantoro, para komunitas Bak Sampah dan ibu-ibu PKK se-Desa Gumiwang Lor.

“Permasalahan sampah sendiri memang luar biasa, karena sampah setiap harinya selalu bertambah. Dan apabila sampah tidak mendapat penanganan secara sebaik baiknya dampaknya sangat berbahaya. Dengan telah diadakan pencanangan pungut sampah yang selalu terus-menerus dilakukan bisa ikut menjaga dan tidak merusak lingkungan,” terang Camat Wuryantoro.

Dalam penanganan sampah salah satunya bisa dilakukan dengan cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

“Reuse (guna ulang) yaitu kegiatan penggunaan kembali sampah yang masing dapat digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain. Reduce (mengurangi) yaitu mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah, contohnya ketika belanja membawa kantong/keranjang dari rumah, mengurangi kemasan yang tidak perlu,menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang, sedangkan Recycle (mendaur ulang) yaitu mengolah sampah menjadi produk baru, contohnya sampah kertas diolah menjadi kertas daur ulang dan lain sebagainya,” tambahnya. ( RedG )

Komentar

Tinggalkan Komentar