Wonogiri – Bertempat di Balai Desa Sumber, Kecamatan Purwantoro telah dilaksanakan kegiatan pelatihan dan pembentukan pokja Desa Tanggap Bencana (DESTABEN). Rabu (31/10/18).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Purwantoro Kpt Kav Subagyo yang diwakili Babinsa Desa Sumber Serka Taufiq. Babinkamtibmas Aiptu Sutrisno. BPBD Kabupaten Wonogiri Pendika dan Alfan Kades Sumber Katimo. Masyarakat Desa Sumber 30 orang

Kades Sumber Katimo mengatakan, wilayah desa Sumber yang berada di Kecamatan Purwantoro adalah zona rawan bencana, terutama bencana tanah longsor bila di musim hujan. Dengan diadakannya desa tanggap bencana ini, sedikitnya kita sudah dapat mengerti dan mengantisipasi hal terburuk yang akan terjadi apabila ada bencana alam.

Perwakilan dari BPBD Kabupaten Wonogiri Fendika menyampaikan kegiatan program desa tanggap bencana merupakan sebuah agenda besar pemerintah baik pusat maupun daerah dalam menyiapkan segala sarana dan prasarana untuk mengantisipasi dampak sebelum/sesudah terjadi bencana alam seperti akibat dari tanah longsor atau banjir. Hal tersebut umumnya terjadi di desa-desa yang masuk peta rawan terhadap bencana alam.

“Untuk mengurangi dampak dari bencana yang terjadi, pihak Forkopimcam beserta BPBD sepakat untuk membentuk Kelompok Kerja (Pokja) yang terdiri dari segenap unsur pemerintahan dan unsur masyarakat. Pokja ini nantinya bersama-sama melakukan kegiatan tanggap darurat warga. Tujuannya jelas apabila terjadi bencana alam yang sesungguhnya warga masyarakat yang berada di daerah rawan bencana sudah siap dan tahu apa saja yang harus diperbuat,” ujarnya.

Babinsa Serka Tofiq juga menyampaikan methode sosialisasi yang di sampaikan kepada masyarakat Desa Sumber khususnya,masyarakat agar lebih waspada dan peka terhadap warning yang sudah di canangkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri.

Babinsa berpesan apabila terjadi bencana agar masyarakat segera melaporkan pada kesempatan pertama kepada perangkat Desa maupun Babinsa. (RedG)

Tinggalkan Komentar