oleh

Forkompinda Hadiri Lomba MTQ

Wonogiri -Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an(MTQ) pelajar dan umum tingkat Kabupaten Wonogiri, Kamis(9/8).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa, Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh, Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede, Kepala Pengadilan Negeri Muh. Istiadi, Kajari diwakilkan kepada Bagyo SH. Kasi Pidum.Kepala Kemenag Wonogiri Drs. H. Subaidi, Asisten Kesra Kabupaten Wonogiri Drs Edi Sutopo.

Laporan Panitia Asisten Kesra Kabupaten Wonogiri Drs Edi Sutopo Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiayan ini untuk memasyarakatkan seni membaca Al-Qur’an yang indah kepada pelajar dan masyarakat agar bertambah keimanan dan ketaqwaan.

“Nanti dalam pelaksanaanya dibagi 4 tempat antara lain gedung SD Negri 6 Wonogiri, Masjid At’Taqwa Wonogiri, Pendopo Kabupaten Wonogiri, Ruang Pertemuan Sekda Kabupaten Wonogiri,” ujarnya.

Dia menuturkan kegiatan lomba diikuti oleh 25 Kecamatan terdiri dari pelajar TK ,SD, MI, SMP, Mts, SMK, SMA, Madrasah se-Kabupaten Wonogiri dan Masyarakat umum. Cabang yang dilombakan antara lain, Tartil golongan TK, RA, BUSTANUL AHWAL putra dan putri, cabang Tilawah dan Tartil golongan SD, MI putra dan putri, golongan Tilawah dan Tartil gol SMP, MTS putra dan putri, Tilawah dan Tartil golongan SMA, MA, SMK putra dan putri, cabang Hafidz 1 juz dan Tilawah golongan Mts, SMP putra dan putri, cabang Hafidz 5 juz dan Tilawah golongan SMA, MA, SMK putra dan putri.

“Kemudian untuk MTQ umum, cabang yang dilombakan adalah cabang Tilawah anak-anak putra dan putri, cabang Tilawah remaja outra dan putri, cabang Tilawah golongan dewasa putra dan putri. Kepada para juara I, II dan III akan mendapatkan tropi, uang pembinaan dan piagam penghargaan. Khusus untuk juara 1 akan diikutkan dalam lomba MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah yang menurut informasi akan diselenggarakan pada Bulan September dan Oktober 2018,” katanya.

Baca Juga  Perayaan Natal Desa Sedayu , TNI Polisi Linmas Lakukan Pengamanan

Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa menyampaikan bahwa Mutiara umat Islam, ada pada kitab suci Al Quran, yang dari ayat demi ayat di dalamnya, menjad pedoman hidup umat muslim. Dan dari tiap huruf hurufnya, memberikan begitu banyak kebaikan bagi yang setia membacanya. Kemuliaan sudah dijanjikan bagi siapapun yang ikhlas membacanya, apalagi jika kita sekalian mampu menerapkan makna yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Begitu banyak hikmah yang dapat kita peroleh dari aktivitas dalam membaca, mempelajari, danmemahami makna yang terkandung dalam AlQur’an. Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan dengan dilaksanakannya MusabaqahTilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Pelajar dan Umum di Kabupaten Wonogiri. Inilah upaya nyata memotivasi cinta Qur ‘an, membangun generasi yang Qur ‘ani, yang senantiasa beriman dan bertaqwa, dan mempertebal rasa cinta kita kepada Allah SWT menuntun kita sekalian untuk menggali petunjuk hidup yang terkandung dalam Al Qur ‘an. Hadirin yang saya hormati, menjadi pemenang dalam suatu kompetisi tentu menjadikan kebanggaan tersendiri, bukan hanya bagi para juara, para orang tua, tetapi jugaorang-orang yang telah berperan dalam memberikan bimbingan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan jika dicermati, dari waktu ke waktu dalam penyelenggaraan MTQ tidak ada lagi dominasi dari satu wilayah tertentu sebagaipemenang. Kontingen terbaik muncul secara bergantian dari wilayah Kabupaten Wonogiri. Hal ini membanggakan kita bersama, karena menunjukkan semakin meratanya pembinaan dan pengembangan agama slam di Kabupaten Wonogiri kedepan, kondisi harmonisasi dalam keberagaman ini hendaknya tetap dapat dijaga.

“Pada kesempatan ini saya berpesan kepada segenap Dewan Hakim agar melaksanakan tugasnya dengan adil Menentukan yang terbaik secara obyektif dan jujur, karena yang terbaik dariajang MTQ ini akan mewakili Kabupaten Wonogiridalam level yang lebih tinggi lagi. Sehingga utusan dari Kabupaten Wonogiri adalah benar-benar pilihan yang terbaik, yang mampu mengemban tugas dan amanat dengan baik, dan berkompetisi pada level antar daerah,” tutupnya. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed