oleh

Film Sobat Ambyar Karya Terakhir Didi Kempot Mulai Tayang 

Jakarta – Para fans dan penggemar Didi Kempot yang tergabung dalam Sobat Ambyar akan terobati kekangenannya pada sang maestro. Film Sobat Ambyar, yang sudah ditunggu-tunggu, akhirnya tayang perdana di Netflix, pada Kamis, 14 Januari 2021. Film ini dibintangi dan diproduseri langsung oleh mendiang musisi campursari legendaris, Didik Prasetyo atau lebih dikenal Didi Kempot.

Film yang mengusung genre drama, komedi dan romantis ini mengangkat kisah tentang perjalanan Almarhum Didi Kempot yang sudah berpulang sejak 5 Mei 2020 itu selama berkarya, hingga dikenal sebagai maestro Campursari.
Sang sutradara, Bagus Bramanti bercerita, ide pembuatan film ini berawal pada 2019, ketika hype Sobat Ambyar bermunculan di media sosial. Ketika itu, secara mengejutkan lagu-lagu Campursari milik Didi Kempot digemari oleh kalangan anak muda.

“Itu satu hal yang menurut saya sangat unik. Kok bisa anak muda suka lagu lokal? Saya nonton satu YouTube, mas Didi menyebut patah hati dijogeti. Itulah yang memicu saya untuk berpikir, bagaimana mentransfer ini ke film,” ujarnya saat konferensi pers yang digelar virtual, Selasa, 12 Januari 2021.

Klik halaman selanjutnya untuk mengetahui lebih banyak tentang film Sobat Ambyar.

Pemikirannya tersebut kemudian disambut baik oleh Charles Gozali, yang juga menjadi sutradara di film ini. Selanjutnya, mereka kemudian melakukan Focus Group Discussion (FGD), untuk mengumpulkan 32 orang yang berusia 18-55 tahun

“Ada 4 cluster. Anak SMA, kuliah, dan sebagainya. Mereka ini penggemar Mas Didi. Kita wawancara dan dari cerita mereka itu kita rangkum, kita jadikan backbone penulisan skenario,” kata dia.

“Kita mencoba definisikan film ini akan jadi seperti apa. Mulai awal kita menghormati keberadaan Mas Didi dan sobat ambyar untuk menangkap spirit mereka. Jadi, sejak awal dominan kami lakukan di Solo,” sambung Bagus.

Baca Juga  KTD “ Abimantra”  Raih Juara Urban Farming Se-Jabar

Charles Gozali melanjutkan, setelah Bagus membuat cerita dan konsep film Sobat Ambyar, dia kemudian merasa mendapat good feeling, sebagai seorang filmmaker.

“Memang saat itu fenomena Mas Didi yang luar biasa itu jadi pemicu. Segala sesuatu berjalan begitu cepat. Baik dari proses, mengajak kru, pencarian pemain, waktunya kurang dari dua bulan,” tuturnya.

Charles mengatakan, schedule Didi Kempot yang begitu padat ketika itu, membuat Charles dan tim harus mengejar target. Belum lagi, dua hari setelah syuting di Solo, Charles bercerita Gunung Merapi meletus dan Kota Solo tertutup asap Merapi.

“Kami bertemu Mas Didi untuk foto sesi dan materi promo, dan 2 atau 3 hari setelah itu Solo lockdown karena pandemi. Jadi, kalau mengutip perkataan teman kami, director photography, Hani Pradigya, Sobat Ambyar adalah film yang ajaib,” kenang Charles Gozali.

Selain Almarhum Didi Kempot, beberapa pemain yang turut dilibatkan dalam film Sobat Ambyar ini, di antaranya adalah Bhisma Mulia, Denira Wiraguna, Erick Estrada, Fransisca Saraswati JKT 48, Asri Welas dan Mo Sidik. (RedG/Hengky Kik)

Komentar

Tinggalkan Komentar