Wonogiri – Ekonomi kreatif mulai tumbuh di pedesaan di Kota Sukses tepatnya di Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto. Pasalnya emak-emak di sana, kini mulai menekuni kerajinan bunga suyok kertas.

Bunga kertas tersebut merupakan bahan baku dari bunga papan ucapan yang lazim ditemukan di acara seremonial di daerah perkotaan, entah itu acara pernikahan, persemian sebuah tempat maupun ucapan duka cita.

Adalah tokoh masyarakat setempat bernama Rudi Hadi Suwito (40) yang merupakan konseptor dari giat kreatif para emak di tempat tersebut.

Rudi memberikan pelatihan dan permodalan dan siap mengambil hasil karya guna dipasarkan di sejumlah daerah seperti Jakarta, Bandung dan daerah Sumatera.

“Membuat bunga suyok kertas ini dilakukan dengan cara di gunting,dililit dengan kawat dan diayak dengan nampan buat beras ,agar mekar seperti bunga suyok yang sangat menarik dan indah,” ujarnya, Selasa (12/2).

Rudi mengatakan bahan baku untuk membuat dan produksi bunga suyok kertas mulai dari kawat bendrat kertas krep aneka warna.

“Setiap plastik kita berikan upah 12 sampai 15 ribu rupiah , perhari mereka bisa menghasilkan 3 sampai 5 plastik,” katanya.

Rudi menambahkan pihaknya siap memberikan pelatihan pembuatan bunga suyok di tempat lain.

“Ayo kita kembangkan ekonomi kreatif di pedesaan sehingga pendapatan ekonomi masyarakat meningkat,” tutupnya. (RedG)

Tinggalkan Komentar