Wonogiri- Kegiatan supervisi kampung lalu lintas yang didirikan Satlantas Polres Wonogiri di Dusun Manjung Wetan, Desa Manjung,Kecamatan Wonogiri, Senin (19/11) pagi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede yang diwakilkan Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Dwi Erna Rustanti dalam sambutanya mengatakan adanya kampung tertib lalu lintas tersebut adalah satu fungsi untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Dengan masyarakat yang tertib berlalu lintas maka bisa menjadi pelopor keselamatan dan angka kecelakaan bisa berkurang.

“Untuk yang pertama kita buat di tingkat kampung, namun kedepan bisa meningkat menjadi tingkat desa maupun kecamatan. Dengan demikian masyatakat bisa berperan aktif dalam tertib berlalu lintas,” ujarnya.

Sementara Ketua Tim Supervisi Kompol Yunaldi beserta tim dalam sambutanya menjelaskan angka kecelakaan di Wonogiri pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya saat ini tergolong tinggi. Oleh karena itu, perlu terobosan kreatif dari polisi dengan menggandeng masyarakat untuk mencegah kecelakaan.

“Salah satu upaya menekan angka kecelakaan, pihaknya membentuk program kampung tertib lalu lintas di seluruh wilayah Polda Jateng. Dengan kampung lalu lintas, ada edukasi kepada masyarakat bisa tertib berlalu lintas sehingga angka kecelakaan bisa ditekan,” bebernya.

Dia menambahkan supervisi yang dilakukan kali ini utuk mengetahui sejauh mana kesiapan kampung tertib lalu lintas di masing-masing polres.

“Sehingga pada saat penilaian nantinya semua sudah siap termasuk dari kelengkapan rambu, tingkat pelanggaran dan partisipasi masyarakat,” tegasnya. (RedG)

Tinggalkan Komentar