oleh

Dua Pesilat Jambi Optimis di  Kejuaraan International Indonesia Open Championship 2022

Jambi-Romi Vallencya dan Tomi Alfarizi Purba, atlet pencak silat dari perguruan Silat Walet Puti, Jambi dipastikan akan mengikuti kejuaraan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 13-17 Agustus 2022 di Jakarta.

Pelatih sekaligus Guru Besar Perguruan Silat Walet Puti Jambi Usman Syah Ratta, di Jambi Senin, (8/8) menjelaskan sebelum mengikuti kejuaraan internasional tersebut keduanya telah melakukan persiapan latihan secara rutin setiap harinya terhitung sejak satu bulan lalu pada Juli hingga jelang kejuaraan itu.

Persiapannya sudah sangat matang mengingat kedua atlet ini juga telah terbiasa dengan pola latihan yang keras setiap harinya baik itu dalam menghadapi pertandingan maupun sekaligus melatih siswa-siswanya di perguruan ini,” kata Usman Syah Ratta.

Dia juga menambahkan bahwa perguruan juga sangat mendukung majunya Romi dan Tomi untuk meraih prestasi diajang internasional kali ini dan untuk hasilnya nanti tergantung kepada mereka yang bertanding.

 

“Saya harap hasilnya yang terbaik dan menurut saya menang ataupun kalah itu biasa yang terpenting jangan pernah menyerah,” harap Usman.

Sementara itu Tomi ditempat latihan mengatakan kami berlatihan fisik setiap hari dimana dibagi dalam dua sesi yakni pada pagi hari fokus pada teknik pertarungan dan sore hari latihan fisik dengan ‘jogging’ untuk mengatur pola pernapasan ketika bertanding nanti.

Romi mengatakan bahwa selain melakukan persiapan secara fisik, dia dan rekannya juga mempersiapkan diri secara mental dan mengatur pola makan agar tetap stabil sesuai dengan kelas berat badan yang telah mereka pilih dan pada pertandingan internasional nanti.

Kedua atlet ini mendaftarkan diri pada pada kategori senior yakni kelas D (60-65 kg) akan diturunkan Romi dan Tomi dikelas C (55-60 kg). Bagi kedua atlet ini, kejuaraan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 adalah suatu ajang kompetisi bergengsi yang mampu memberikan kesempatan bagi mereka untuk terus menyalurkan bakat dan kecintaannya terhadap beladiri silat.

Baca Juga  Tak Hanya Lakukan Pemantauan Situasi TPS, Dir Polairud dan Dir Binmas Polda Jambi Turut Sambangi Mako Satpolairud Polres Tanjab Timur

Romi mengatakan bahwa kejuaraan ini kali pertamanya yang diikutinya pada pertandingan pencak silat tingkat Internasional dan juga berharap agar dirinya dapat memberikan hasil yang terbaiknya dan mampu membawa nama serta prestasi yang membanggakan bagi Kota Jambi dan khususnya perguruan mereka.

Sebelumnya, Romi juga telah memenangkan beberapa ajang kejuaraan pencak silat baik lokal dan nasional seperti pada ajang O2SN tingkat nasional untuk SMP pada 2015 meraih medali emas, PSHT CUP 2018 (perunggu), Kejuaraan Pencak Silat Kota 2020 (perak), dan Walikota Cup 2022 (perak).

Sedangkan prestasi Tomi juga sangat bersemangat untuk menghadapi kejuaraan kali ini, meskipun sisi lain ia mengaku bahwa ia juga merasa sedikit grogi karena terdapat beberapa perbedaan dalam aturan main pada pertandingan 2022 ini seperti diperbolehkannya tendangan dengan loncatan, teknik bantingan, dan penyerahan terhadap lutut.

Kedua pesilat Walet Puti Jambi itu berharap pada kejuaraan kali ini pola latihannya yang giat dan sungguh-sungguh dapat terbayarkan dengan target bisa meraih medali atau prestasi untuk nama daerah dan perguruan serta mereka berdua mohon doa dari masyarakat Jambi agar bisa meraih prestasi tersebut.

Kedua pesilat perguruan Walet Puti Kota Jambi yang sedang berlatih jelang mengikuti Kejuaraan Internasional Indonesia Open Championship 2022 di TMII, Jakarta pada 13-17 Agustus mendatang.(RedG/* )

Komentar

Tinggalkan Komentar