Dua Perwira TNI Cek Luweng Songo

Wonogiri- Bertempat di Kecamatan Pracimantoro Danrem 074/Wrt Widy Prasetijono berkesempatan mengunjungi Luweng Songo yang berada di Dusun Ngaloran, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Rabu(8/8).

 

Dengan didampingi Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh, Kapenrem Mayor Inf Alfian, Danramil 07/Tirtomoyo Kapten Cba Budi Waluyo, Ipda Sunardi, Kepala Desa Suyono, Danrem mengecek keberadaan Luweng Songo dan penampungan air.

Disampaikan oleh Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh bersama Danrem 074/Wrt Kolonel Inf Widy Prasetijono untuk memeriksa dan mengecek langsung kegiatan memperbaiki sumber air untuk mengairi Desa Sumberagung dan Desa Petir Sari, dihadapkan pada musim kering sekarang ini untuk sumber air satu-satunya hanya berada di Luweng Songo. Untuk mengalirkan kedua desa tersebut Danrem membantu dua pompa sehingga hasil air bisa lebih melimpah.

Kepala Desa Suyono menyampaikan semenjak tahun 2008 anak-anak pecinta alam Mapala masuk ke Luweng Songo, ternyata beberapa hari disitu mereka menemukan sumber, selama 6 hari berada di Luweng Songo mereka menemukan sumber bawah tanah dan diperkirakan debit air 22 liter per detik.

“Kemudian pada tahun 2009 kami mengajukan proposal ke propinsi mendapat dana sebesar 350juta, kemudian dikerjakan selama 6 bulan dan diuji coba air bisa naik ke kantor Balai Desa Sumberagung,” katanya.

Dia menuturkan setelah masa uji coba, Luweng Songo mulai beroperasi pada tahun 2011 dan sampai sekarang sudah mendapat bantuan dari yayasan-yayasan, PMI, PERTAMINA dan yang sekarang dari Danrem 074/Wrt.

“Untuk pengerjaan nya melibatkan Mapala Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Saiful Jihad dari Fakultas Geografi (Giri Bahama) dan Atabik Ahmad dari Fakultas Ekonomi (Metala), serta Atwapala Akademi Teknik Warga (ATW) . (RedG).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *