oleh

Dua Dosen STAINU Temanggung Sukseskam Workshop Metode Pembelajaran di Purworejo

Purworejo – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, dua dosen STAINU Temanggung mengikuti Workshop Metode Pembelajaran yang Merujuk pada KKNI-SNPT yang digelar di Hotel Sanjaya Inn Purworejo selama dua hari, Sabtu (17/2/2018) sampai besuk Minggu (18/2/2018).

Dua dosen itu adalah Hamidulloh Ibda dosen dan Kaprodi PGMI dan Husna Nashihin dosen dan Sekprodi PIAUD STAINU Temanggung. Kegiatan ini digelar oleh STAIAN Purworejo yang bekerjasama dengan Center for Teaching Staff Development (CTSD) UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. H. Maksudin, M.Ag, Prof. Dr. Barmawy Munthe, M.A, Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag, Dr. Eva Latipah, M.Si, Diah Ajeng Purwani, M.Si, Dr. Imelda Fajriati, M.Si dan Jauhar Faradis, MA.

Saat menyampaikan materi, Dr. Eva Latipah, M.Si mengatakan bahwa workshop metode pembelajaran merujuk KKNI-SNPT ini dimaksudkan untuk berbagi (sharing) pengetahuan dan pengalaman bidang kompetensi pedagogi yang mengacu pada KKNI dan SNPT.

“Tim fasilitator workshop ini adalah Tim CTSD UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Materi yang diberikan merupakan satu alternatif untuk mendesain sebuah mata kuliah secara holistik yang mengacu KKNI-SNPT yang meliputi Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi Pembelajaran, Standar Proses Pembelajaran yang interaktif-partisipatif, dan Standar Penilaian Pembelajaran sesuai prosedur dan teknik yang fair,” kata Dr. Eva Latipah, M.Si, Sabtu (17/2/2018).

Dalam kesempatan itu, selain dosen-dosen STAIAN Purworejo dan Tim CTSD UIN Sunan Kalijaga, hadir pula perwakilan dari STAINU Temanggung, dosen-dosen STAINU Purworejo, STAI Al-Husein Magelang dan lainnya.

Dijelaskan Eva, bahwa workshop metode pembelajaran itu berorientasi pada hasil dan sekaligus pada proses. “Untuk itu, semua peserta akan terlibat aktif dalam penerapan teori-teori yang hasil akhirnya adalah karya,” beber dia.

Baca Juga  Membanggakan, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Juara 1 Sekolah Sehat Tingkat Provinsi

Semua peserta, dalam workshop ini langsung diajak simulasi dan wajib mengerjakan tugas dari para narasumber. Mulai dari materi KKNI-SNPT, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi/Materi Pembelajaran, Standar Proses Pembelajaran, Standar Penilaian Pembelajaran, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Outline Mata Kuliah atau SAP. (admin)

Komentar

Tinggalkan Komentar