oleh

DPRD Bangka Tengah Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA dan PPAS

Koba – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Bangka Tengah Tahun Anggaran 2024, Senin (23/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman memaparkan proyeksi pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah yang terangkum dalam nota kesepakatan yang ditandatangani tersebut.

“Estimasi pendapatan daerah kita sepakati sebesar 927,3 miliar rupiah atau berkurang 5,41 persen dari target pada P-APBD tahun anggaran 2023 sebesar 980,3 miliar rupiah,” ujarnya.

Dijelaskannya, estimasi pendapatan daerah ini berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pendapatan Transfer, dan pendapatan Lain-lain yang sah.

“Untuk PAD kita menambahkan 15,12 persen dari target P-APBD 2023 dari 109,8 miliar rupiah menjadi 126,4 miliar rupiah.

“Untuk pendapatan transfer yang disepakati sebesar 791,1 miliar rupiah atau berkurang 8,15 persen dari P-APBD 2023 sebesar 861,3 miliar rupiah, dan untuk pendapatan lain yang sah kita tambahkan 6,5 persen karena ada tambahan yang didapat dari penyesuaian pendapatan hibah dari dana transfer Pemerintah Pusat,” terangnya.

Kemudian, untuk Belanja Daerah dalam Kebijakan Umum APBD Tahun Anggaran 2024 disepakati sebesar 1 triliun 73 miliar rupiah atau berkurang 1,79 persen dibandingkan dengan belanja daerah pada tahun sebelumnya sebesar 1 triliun 92 miliar rupiah,” tambahnya

Sementara itu, untuk Pembiayaan Daerah ditargetkan 93,5 miliar rupiah yang berasal dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun sebelumnya, sedangkan pengeluaran pembiayaan tidak dianggarkan atau nol rupiah.

“Dari uraian tersebut, maka perhitungan APBD tahun anggaran 2024 mengalami defisit sebesar 145,7 miliar rupiah. Kekurangan ini akan kita tutupi dengan cara menambah sumber pendapatan, menambah sumber pembiayaan, dan melakukan rasionalisasi belanja berdasarkan skala prioritas,” katanya.

Baca Juga  PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Akses Masuk Alun-Alun Pemalang Ditutup

Menanggapi nota kesepakatan yang telah disepakati tersebut, Ketua DPRD Bangka Tengah, Me Hoa berharap penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024 yang dirancang dapat terlaksana dengan baik.

“Kita berharap rencana pembangunan yang ada dapat terlaksana dengan dan anggaran pada APBD 2024 berjalan efektif dan mampu mengena ke masyarakat sehingga tepat sasaran,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar