oleh

Dorong Wirausaha, Kuliah Umum Hadirkan Owner Gado-Gado Boplo

Solo- Untuk menumbuh kembangkan budaya wirausaha bagi mahasiswa semester satu, Fakultas Ekonomi Unisri, belum lama ini menyelenggarakan kuliah umum.

Ketua Prodi Manajemen, Sunarso, SE, MM yang sekaligus sebagai pelaksana kegiatan kuliah umum, menjelaskan kuliah umum mengangkat tema Membangun Budaya Wirausaha Generasi Milenial dengan menghadirkan narasumber owner gado-gado Boplo, Calvin Hartono.

“Kuliah umum diselenggarakan secara daring dan wajib diikuti mahasiswa semester satu baik dari prodi manajemen dan akuntansi, ” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sunarso, menjelaskan kuliah umum merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi, dengan tujuan memberikan gambaran dan motivasi kepada para mahasiswa agar memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan berwirausaha langsung dari kalangan praktisi bisnis.

Kuliah umum dibuka, Dekan Fakultas Ekonomi, Edi Wibowo, SE, MM. Dalam sambutannya, berharap agar para mahasiswa selepas bangku kuliah bisa mandiri dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dilingkungannya.

Narasumber kuliah umum, Calvin Hartono, mengawali paparan materi dengan kisah perjalanan gado-gado Boplo yang berawal dari gang sempit dan hanya memanfaatkan garasi rumah untuk mengawali usaha yang dirintis oleh sang ibu.

Berkat kegigihan, dan keuletan akhirnya gado-gado Boplo mampu bertahan dan berkembang. Saat ini gado-gado Boplo telah memasuki 50 tahun dan telah dikelola oleh generasi kedua. Menjadi usaha kuliner yang melegenda. Bila awalnya hanya dari emperan rumah, saat ini telah menjadi restoran yang representatif dan bergengsi masuk mall dan hotel berbintang.

“Bila anda ingin terjun sebagai wirausaha, maka anda harus tahan banting, ulet, tidak gampang menyerah dan memiliki semangat untuk selalu belajar, ” pesannya kepada para mahasiswa.

Lebih lanjut, Calvin Hartono, berbagi pengalaman, untuk memulai usaha jangan ikut-ikutan trend, namun harus cerdik melihat peluang usaha dan mampu berinovasi.

Baca Juga  Sambut HUT TNI AU Ke-75, Lanud Adi Soemarmo Gelar Donor darah

“Lakukan riset tentang apa yang dibutuhkan pasar bukan sekedar apa yang bisa anda kerjakan. Riset bisa dilakukan secara sederhana dengan bertanya langsung kepada target pasar atau anda bisa searching di internet, ” ungkapnya.

Diakhir paparan, Calvin Hartono, membagikan tip sukses berwirausaha diantaranya, mulailah membangun usaha dari yang kecil, pada saat memulai usaha jangan menggunakan modal dari utang bank, manajemen keuangan harus ditangani dengan baik, pilih brand yang unik dan menarik, kembangkan jejaring, manfaatkan promosi offline dan online, serta pilih SDM yang berkualitas.

Peserta kuliah umum yang berjumlah 350 mahasiswa sangat antusias mengikuti perkuliahan dengan mengajukan beragam pertanyaan seputar kiat dan tips memilih dan memulai usaha.(RedG/Aris)

Komentar

Tinggalkan Komentar