oleh

DKD Pemalang Adakan Rapat Penyusunan Program Kerja Komite 2021-2022

Pemalang – Bertempat di Salah Satu Rumah Makan di Kabupaten Pemalang , dilangsungkan Rapat Kerja (Raker) Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Pemalang tahun 2021-2021, Minggu (21/03/2021).

Raker DKD dihadiri anggota setiap komite DKD yang terdiri dari Komite Sastra, Komite Seni Rupa, Komite Seni Musik, Komite Seni Tari, Seni Fotografi, Senimatrografi , Urbaningrum Art, Seni Teater

Raker dibuka langsung oleh Ketua DKD Kabupaten Pemalang Supendi. Dalam kesempatan ini, dia  berharap banyak DKD periode kepemimpinan akan lebih mengharumkan nama Kabupaten Pemalang lewat Karya dan berkesenian dengan mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Pemalang.

“Saya percaya optimis kalian orang hebat di bidangnya dengan 9 Komite Seni yang ada bisa membawa nama Pemalang lebih baik lewat berkesenian . Meski masih banyak hal harus diperjuangkan. Saya tahu betul, yang digarap DKD bukan hal enteng. Dalam artian butuh perjuangan berat dengan segala keterbatasan perlengkapan hingga saat ini. Tapi percayalah, dengan kerjasama dan saling support, eksistensi kita bisa berjalan apabila seni dan kebudayaan kita dikenal kalangan luas. Akhir kata, selamat melaksanakan Raker Perumusan Program kerja jangka Pendek tiap komite semoga hasilnya mengerucut untuk segera dilaksanakan,” ujar Supendi .

Selaku Ketua DKD Periode yang baru dilantik belum lama ini dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam Raker program kerja hari ini mengedepankan penyusunan program dari tiap komite.

“Kita berharap pada Raker hari ini setiap komite dapat mempresentasikan program yang selaras dengan visi dan misi DKD. Program yang dipresentasikan nantinya akan didiskusikan dalam saran dan masukan dari peserta rapat,” ujar Supendi

Masing masing komite mempresentasikan program jangka pendek dan panjang dan besaran nominal yang dianggarkan serta sasaran dan targetnya seperti dari pantauan Gnews di lokasi Dari Komite Sastra akan mengadakan lomba karya sastra pembuatan film pendek cerpen ( kearifan lokal) sasaran pelajar dan umum , Pembuatan Majalah Budaya dengan target tumbuh kembang kreatifitas budaya , pembuatan antologie Puisi didistribusikan ke perpustakan daerah sasaran pelajar dan umum, workshop sastra dan  lomba Kajian Sastra, 5 program komite sastra dengan istimasi dana Rp. 210.000.0000

Baca Juga  Kepala Pasar Randudongkal Berbagi Masker Untuk Pedagang Pasar

Komite Seni Rupa, Mempresentasikan Program kerja. Pembuatan pameran Panel seni rupa , pameran Lukisan, melukis bersama program bulanan, workshop melukis, lomba lukis untuk pelajar  dengan anggaran yang dibutuhkan Rp. 18.000.000.

Komite Urbaningrum Arts, mempunyai program kerja latihan Gabungan tiap minggu,  event 3 bulanan se eks karisidenan, street Perfoming tiap minggu, media promosi lewat grafity, event klas nasional sekali dalam satu tahun, menjadikan Taman Patih Sampun sebagai ruang kreasi urbans art, legal walls untuk  tembok tembok di Pemalang bisa dijadikan kreatifitas teman” Grafity anggaran yang dibutuhkan Rp. 68.000.000

Komite Sinematografy akan mengadakan lomba film tingkat pelajar dan umum, pembelajaran kelas film,  penayangan film-film yang sudah disayembarakan.

Komite Fotografi akan melaksanakan pameran Fotografy,  kelas rutin Fotografy dan workshop dan sertifikasi Fotografi dengan mengajukan anggaran sebesar 58 juta.

Komite teater mempunyai program kerja hampir sama seperti yang lain mengadakan pelatihan, workshop dan lomba lomba baik tingkat kabupaten maupun nasional dengan menganggarkan estimasi dana sebesar Rp. 11.000.000

Komite Seni Tari akan melaksanakan program berupa pelatihan Seni tari, anjangsana ke sanggar-sanggar  Tari dari komite Seni tari dan  workshop seni tari, komite ini menganggarkan dana sebesar Rp. 46.000.000

Komite tradisi mempunyai Program kerja antara lain edukasi (DKD bekerja dengan  dinas terkait mengadakan edukasi terkait Seni dan  budaya seperti mocopat dan karawitan di tiap tiap sekolah untuk  latihan dan dilombakan, festival seni tradisi seperti  sintren, kuntulan, jaran kepang,  pementasan wayang kulit di hari besar dengan dalang lokal,  pementasan Ketoprak di pendopo kolaborasi pelaku Seni dan forkompimda,  event Jamasan Pusaka di kabupaten Pemalang di bulan suro, kirab/pawai budaya di hari Jadi Kabupaten  Pemalang dan festival festival di tiap daerah di Kabupaten  Pemalang.

Baca Juga  Senin Bersodaqoh, Polres Pemalang Peduli Banten

Komite Seni Musik akan mengadakan performance rutin 1 minguan, bulanan dan tahunan,  workshop tentang digital musik serta coaching clinic tentang penulisan lagu, pentingnya musisi untuk berkarya yang mengajukan anggarab sebesar Rp. 100 juta.

Kegiatan berlangsung sejak pukul 09.30 Sampai dengan pukul 13.00 WIB dengan diakhiri tanya jawab dari masing masing komite yang nantinya akan dikeruncutkan dalam Program Kerja Jangka Pendek dan Panjang. (RedG/Hengky Kik).

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed