oleh

Ditjen Bina Adwil Berikan Bantuan Alkes kepada 11 Rumah Sakit

Jakarta – Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Ditjen Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) kepada 11 Rumah Sakit di berbagai daerah. Penyerahan bantuan ini, dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Ditjen Adwil Kemendagri, Senin (4/1/2021).

Dirjen Bina Adwil, Kemendagri Safrizal ZA mengatakan, bantuan ini diberikan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, ada tiga poin dalam menekan laju penyebaran Covid-19. Pertama, menggalang solidaritas dan komitmen politik dari semua pihak, kedua membangun dan menjalin kemitraan dengan semua pemangku kepentingan, membangun dan menjalin kemitraan dengan semua pemangku kepentingan.

“Dan yang ketiga, memastikan bahwa fasilitas dan teknologi Kesehatan harus dapat tersedia dan dapat diakses oleh semua orang sebagai bagian dari tujuan mulia untuk menyelamatkan nyawa manusia yang harus selalu didahulukan,” kata Safrizal dalam keterangan persnya yang diterima G-News.id di Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Sebagai bentuk implementasi ketiga pendekatan tersebut kata Safrizal, Kemendagri telah menjalin kemitraan dengan Temasek Foundation sebagai salah satu BUMN di Singapura yang memiliki visi memerangi Covid-19.

“Kemitraan ini melalui pemberian bantuan hibah berupa alat-alat kesehatan yang terdiri dari 100 Unit Oxygen Concencrator dan 50 Unit BiPAP,” terangnya.

Adapun 11 Rumah Sakit yang menerima bantuan alat kesehatan dari Ditjen Adwil tersebut adalah RSUD Jagakarsa Provinsi DKI Jakarta, RSUD Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat, RSUD Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat, RSUD Pondok Gede Provinsi Jawa Barat, RSUD Bantar Gebang Provinsi Jawa Barat, RSUD Jatisampurna Provinsi Jawa Barat, dan RSUD Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kemudian ada juga RSUD Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, RSUD Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan, RSUD Zaenal Abidin Provinsi Lampung, RSUD Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung) 2 Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, BPSDMD Provinsi Jawa Barat) serta 2 Puskesmas (Puskesmas Kunciran Kota Tangerang, Puskesmas Cisauk Kabupaten Tangerang).

Baca Juga  GOR Goentoer Darjono Banjir Kicau Mania 

Selanjutnya, bantuan tersebut akan disalurkan ke beberapa rumah sakit dan Puskesmas yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

“Di antaranya secara simbolis akan di bagikan pada yang sama hari ini kepada 11 (sebelas) Rumah Sakit yang masing-masing mendapatkan 2 (dua) Oxygen Concentrators dan 1 (satu) BiPAP , 2 (dua) BPSDMD serta 2 (dua) Puskesmas yang masing-masing menerima 2 (dua) Oxygen Concentrators untuk membantu menyediakan akses pelayanan kesehatan yang memadai bagi semua lapisan masyarakat dan menekan laju peningkatan Covid-19 di daerah masing-masing,” kata Safrizal. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar