oleh

Diskominfo Gelar Sosialisasi KIM

Pemalang – Zaenal Muhibin dari Kota Pekalongan, narasumber dalam acara sosialisasi  Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang di ikuti oleh ratusan peserta dari perwakilan desa dan kelurahan mse Kabupaten Pemalang tahun 2018. Kegiatan tersebut, dibuka Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang, di pendopo pariwisata widuri Pemalang, Kamis, (6/12/2018).

Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang, Nugroho Budi Raharjo, mengatakan bahwa keberadaan KIM perlu untuk terus didorong. Hal ini karena pentingnya peran KIM dalam masyarakat informasi. Peran itu antara lain KIM sebagai Pengelola Informasi, yaitu mencari, mengumpulkan, mengelola dan mendesi-minasikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhannya. Kemudian sebagai Mediasi Informasi, yaitu menjembatani arus informasi antar anggota masyarakat, dan antara masyarakat dengan pemerintah.

“Dan terakhir sebagai edukator Insan Informasi yaitu meningkatkan sumber daya masyarakat di bidang informasi, agar memiliki kecerdasan dalam menerima terpaan arus informasi”, ujar Nugroho.

Sedangkan berkenaan dengan pentingnya acara tersebut, pihaknya berharap kepada para peserta sosialisasi, agar mencermati sebaik-baiknya apa yang disampaikan oleh Narasumber.

“Apabila ada hal-hal yang kurang jelas, dipersilahkan untuk bertanya sebanyak-banyaknya”, tutur Nugroho

Sementara dalam laporannya Kabid PIKP Diskominfo Kabupaten Pemalang, Laela Fadhila, menjelaskan, KIM sebagai layanan informasi yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat perlu terus didorong keberadaanya. Pemahaman masyarakat akan konsepsi KIM dan implementasinya juga perlu ditingkatkan sehingga manfaat keberadaan KIM dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika pada hari ini, menyelenggarakan sosialisasi KIM bagi desa dan kelurahan dengan tema Peran dan Fungsi KIM di Era Digital”, ujar Laela. (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar