oleh

Dirlantas Polda Jambi Sambut Baik SIGNAL

Jambi – Korps Lalu lintas (Korlantas) Polri melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan PKS (Perjanjian Kerja Sama) mengenai Samsat Digital Nasional alias SIGNAL dan Digitalisasi Road Tax. MoU dan PKS ini dilakukan di NTMC Korlantas Polri di Jakarta, Senin (28/6/21).

Samsat Digital Nasional (SIGNAL) berfungsi sebagai sarana Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang sudah didukung Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) berupa :

Digital ID – Face Recognition
Digital Switching – Payment Gateway
Digital Services – ePengesahan, eTBPKP,eKD
Digital Engagement – Informasi dan Pengaduan
Dimana saja – Kapan saja – Dalam satu genggaman dan “One Stop Service”

Penandatanganan dihadiri langsung Kakorlantas Irjen Pol Drs. Istiono, M.H., Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Mochi Ardian, M.Si., Plt Kepala Jasa Raharja, Pimpinan PT. Artajasa Selaku Switcher, Pimpinan PT Bomba Pasifix Indonesia Selaku Pengembang Aplikasi, Pimpinan Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri dan BTN), Pimpinan Bank BPD daerah, Dirlantas Seluruh Indonesia, Pimpinan PT. Pos Indonesia.

Irjen Pol Istiono Mengatakan Dengan penandatangan MoU dan PKS ini akan didapatkan hasil yang terbaik demi kualitas pelayanan samsat di jaman era digital saat ini sehingga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Hari ini akan dilaksanakan uji coba sebelum dilaunching oleh bapak Kapolri, untuk mengetahui kesalahan dan kelemahan di aplikasi ini, sehingga waktu dilaunching nanti akan berjalan sempurna dan semoga ujicoba hari ini berlangsung lancar, “Imbuh Kakorlantas.

Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Heru Sutopo, S.I.K. melalui Kasubdit Regident Kompol Heri Supriawan, S.I.K. mengucapkan terima kasih kepada instansi yang terlibat dan terkait dalam mensukseskan aplikasi SIGNAL sehingga Polda Jambi dapat masuk kategori 15 Polda Seluruh Indonesia yang siap melaksanakan pengesahan STNK tahunan secara daring.

Baca Juga  Kisahkan Personil Satbrimob Berangkat Tugas ke Papua, Kartipala Band Keluarkan Lagu Pergi Kan Kembali

“Dengan adanya kerjasama ini memudahkan masyarakat untuk membayar pajak serta memudahkan masyarakat untuk berurusan dengan administrasi kendaraannya,” pungkas Kompol Heri usai menutup Giat Zoom Meeting bersama dengan Instansi Terkait. (RedG/Irwansyah)

Komentar

Tinggalkan Komentar