oleh

Dilarang Mudik, Polrestabes Semarang Siapkan Operasi Keselamatan Candi 2021

Semarang – Polrestabes Kota Semarang menggelar Operasi Keselamatan Candi 2021, ditandai dengan apel pasukan yang digelar di halaman Mapolrestabes Semarang, Senin (12/4/2021).

Operasi itu akan mengedepankan edukasi kepada masyarakat, agar disiplin protokol kesehatan dan melaksanakan larangan mudik, yang berlangsung serentak selama 14 hari mulai 12 April sampai 25 April 2021.

Selain mengelar keselamatan lalu lintas candi, Polrestabes Semarang juga menyiapkan penyekatan pada H-7 dan H+7 lebaran.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Setiyawan melalui Kasat Lantas Polrestabes AKBP Sigit menyebut, terdapat hanya satu titik penyekatan nantinya yakni di tol Kalikangkung sesuai wilayah kerjanya.

“Kami hanya ada satu titik saja jalur tol untuk melakukan penyekatan dan Jalur alteri juga akan di dilakukan di wilayah Kendal dan perbatasan Demak dan selalu dikoordinasikan dengan Polres tetangga. Sedangkan untuk penyekatan lainnya itu dilakukan masing-masing polres yang ada di kabupaten,” kata Sigit.

Kapolrestabes Semarang , Pol Irwan Setiyawan memimpin apel pasukan di halaman Polrestabes Semarang (Foto: Humas Polrestabes Semarang)

Guna mendukung penyekatan tersebut, lanjut Sigit, akan didirikan Pos Lantas Tanggung di Rest Area KM 424 bekerjasama dengan pihak tol untuk membatasi kapasitas rest area. Nantinya, kendaraan yang masuk rest area dibatasi hanya 50 % dari kapasitasnya.

“Polrestabes Semarang hanya memfilter kendaraan-kendaraan yang bernopol luar kota masuk wilayah kota Semarang, kalau orang Semarang plat Semarang enggak apa-apa dan jika ketahuan kami akan meminta mereka untuk melakukan putar balik ke daerahnya, kalau bukan orang Semarang dan plat luar kota,” jelas Sigit.

Sigit juga menambahkan, kepolisian akan mengimbau membubarkan warga yang berkumpul-kumpul di tempat-tempat umum dan juga di rest area. Operasi ini, akan dilakukan bersama dengan TNI Polri dan Satpol PP, hal ini bertujuan untuk tidak terjadinya penyebaran Covid 19.

Baca Juga  SDM Kuat, Infrastruktur Bangka Tengah Kuat

“Jadi kami minta kepada masyarakat Jawa Tengah khususnya Kota Semarang, untuk mematuhi aturan pemerintah, dan bagi kendaraan luar kota yang masuk kota Semarang kami minta untuk kembali. Operasi Keselamatan ini, nanti sampai 25 April 2021 dilanjut operasi ketupat,” pungkasnya. (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar