oleh

Dilantik Sebagai Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry Fokus Optimalkan Peran Posyandu

Pangkal Pinang – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry bersama Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung resmi dilantik sebagai Ketua Pembina Posyandu Tingkat Kabupaten dan Kota, bertempat di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, Selasa (19/03/2024).

Pelantikan ini dipimpin oleh Safriati Safrizal selaku Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Adapun pelantikan hari ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pembina Posyandu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 001/Kep/Posyandu.Prov/III/2024.

Safriati Safrizal dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua Pembina Posyandu yang baru dilantik atas jabatan baru yang diamanahkan.

Selanjutnya, Ia mengatakan bahwa saat ini Posyandu mengalami transformasi menjadi Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dengan 6 Standar Pelayanan Minimal (SPM). Adapun 6 SPM tersebut meliputi pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, serta sosial.

“Melihat sejarahnya, sebelumnya posyandu merupakan kelompok kerja yang berada di binaan Pokja 4 yang kemudian berkembang hingga saat ini. Jadi Posyandu merupakan Pos Peayanan Terpadu yang di dalamnya bukan hanya mengurusi permasalahan kesehatan saja, namun juga 6 SPM tersebut, ini yang harus kita garis bawahi,” kata Safriati.

Tak hanya itu, Ia juga berharap peran posyandu desa untuk bersinergi dengan pemerintah desa dan gerakan PKK dalam pembangunan kesehatan terutama dalam penanggulangan stunting serta angka kematian ibu dan anak yang saat ini menjadi prioritas.

“Marilah kita bekerja sama, menjalin sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak untuk menyukseskan program-program yang sudah ditargetkan dalam transformasi ini,” ungkap Safriati.

Sementara itu, Eva Algafry selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah sekaligus sebagai Ketua Pembina Posyandu Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan bahwa dirinya akan mempelajari terlebih dahulu tupoksi posyandu yang baru sesuai dengan 6 SPM tersebut.

Baca Juga  Dipimpin AKBP Muhammad Mujib, Polres Kerinci Siap Amankan Pemilu 2024

“Berkaitan dengan posyandu, kita juga punya Pokjanal Posyandu mulai dari kabupaten, kecamatan hingga desa, saya pikir ini merupakan sinergi yang baik untuk mengoptimalkan peran posyandu,” ucap Eva.

Ia berharap transformasi pada posyandu ini bisa meningkatkan angka kunjungan masyarakat ke posyandu.

“Mari kita bersama-sama memajukan posyandu, karena saat ini posyandu sudah sangat lengkap. Keberhasilan posyandu tentunya tidak bisa kita capai sendiri, melainkan dengan kerja sama posyandu yang ada di setiap desa,” tutur Eva.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Penjabat Gubernur Bangka Belitung yang juga menjabat sebagai Ketua Penasehat Posyandu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinsos PMD Provinsi Babel, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel, Kepala Dinsos PMD Bateng, dan Plt. Kepala Dinkes Bateng. (RedG/*)

Komentar

Tinggalkan Komentar