oleh

Digital West Java Topang Literasi Digital Nasional

Bandung – Pada peluncuran program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” di Kota Bandung, Kamis (20/5/2021), Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil memaparkan skema Digital West Java.

Kang Emil–begitu sapaan akrab Ridwan Kamil– menyambut baik acara tersebut, dan berharap dengan launching program tersebut dapat memberikan kesiapan mental dari pengguna digital untuk lebih ramah dalam ber digital.

“Kami menyambut baik Indonesia Cakap Digital karena fenomena digital itu terlalu akseleratif tapi kesiapan mental dari pengguna digital sekarang menjadi sorotan. Kita tersurvei sebagai netizen tidak ramah se – Asean,” kata Kang Emil di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Kamis (20/05/2021).

Kang Emil mengatakan, untuk mengimbangi percepatan digital dengan mental pengguna digital, sebagai fondasi yang lebih baik dalam berteknologi di Indonesia khususnya Jawa Barat.

“Itu jangan disepelekan. Itu menunjukkan antara mental kita dengan percepatan teknologi itu tidak imbang. Kita butuh fondasi,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Kang Emil, fokus Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan terus mengembangkan insfrakstruktur digital di perdesaan. Digital West Java dapat menopang program Literasi Digital Nasional.

“Dari sisi pemerintah kami fokus pada daerah yang jauh dari digital yaitu perdesaan. Makanya di pusat digital Jawa Barat dapat penghargaan lebih dari empat penghargaan dalam dan luar negeri,” katanya.

Menurut Kang Emil, digitalisasi di pedesaan berhasil mengubah pelan-pelan masyarakat yang jauh dari kesejahteraan menjadi naik oleh insfrakstruktur digital.

“Seperti saya sampaikan, ada omzet (pengusaha kecil) 10 juta naik menjadi ratusan juta. Masterplan Digital West Java yang akan hadir, tidak hanya fokus pada digital goverment tetapi akan terus mengedukasi pengguna digital dalam ramah berdigital,” tuturnya. (RedG/Denis)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed