Dandim 0718/Pati Hadiri Dialog Lintas Agama Kab Pati

Pati -Perlu diketahui bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemeliharaan kerukunan umat beragama merupakan upaya bersama umat beragama maupun pemerintah/organisasi di bidang pelayanan, pengaturan, dan pemberdayaan umat beragama. Oleh karena itu, dalam membangun kerukunan tersebut Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pati dibawah pimpinan Dr.Achad Choiron, MA.g menggelar kegiatan yang bertajuk Dialog Lintas Agama dengan Tema “ Moderasi beragama untuk meneguhkan semangat berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI ” Kamis(21/03/19)

Dalam arahanya, Bupati Pati. H.Hariyanto.SH.MM MSI Syukur alkhamdulillah kita bisa berkumpul bersama dalam forum yang luar biasa yaitu dari berbagai elemen dan organisasi yang berbeda-beda dengan tema moderasi beragama untuk meneguhkan semangat berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.
Di kabupaten Pati ini aman namun kita merasa was was dengan akan hadirnya pesta demokrasi, namun ini jangan jadikan sebagai beban yang berlebihan, yang paling mudah adalah perpecahan antar umat beragama/Sara. Perbedaan adalah satu rahmatan rawat dengan baik maka akan menjadi satu keberhasilan yang akan kita nikmati.

Mari kita sama sama yang punya peran untuk berdialog bersama agar pelaksanaan pemilu berlangsung damai agar negara ini aman dan tetap bersatu, Dengan kumpul siang ini hendaknya nantinya ada ide untuk mengambil langkah terbaik demi terwujudnya Kondisi aman dan damai. Kita semua merasa Prihatin dengan kejadian Selandia baru jangan sampai hal tersebut digoreng informasinya menjadi permusuhan antar umat beragama. Dijaman sekarang ini jangan mudah terpengaruh/ikut ikutan berita di media sosial yang saling mengejek karena banyak hoaknya.Semoga Pemilu damai pemilu aman pemilu berhasil NKRI utuh NKRI harga mati .

Dandim 0718/Pati ( Letkol Arm.Arief Darmawan S.Sos ) menyampaikan materi Radikalisme adalah Paham atau aliran yang menginginkan perubahan/pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan yang drastis, terorisme dimulai dari aksi radikalisme. Kelompok/gerakan politik yang bertujuan mencapai kemerdekaan atau pembaharuan elektoral yang mencakup, mereka yang berusaha mencapai republikanisme penghapusan gelar redistribusi hak milik dan kebebasan pers dan dihubungkan dengan perkembangan liberalisme.

Umat ini tak lain adalah, memperkokoh persatuan antar tokoh dan lintas agama yang ada di Kab Pati. Hal ini mengingat bahwa peran tokoh agama diseluruh Indonesia khususnnya di Kab Pati sendiri memiliki tanggung jawab untuk bersama-sama membangun persatuan antar sesama umat beragama. Hal ini dikarenakan, Pati selain memiliki kekayaan keberagaman yang harus dijaga dan dirawat persatuan kesatuan antar agama juga memiliki adat istiadat yang bersendikan kitabullah yang hingga sampai saat ini masih melekat pada masyarakat Pati sendiri.

” Syukur Alhamdulillah, saya mengucapkan banyak terima kasih, karena sampai dengan saat ini, Pati masih tetap aman, damai, terkendali dan saling silaturahim berkat kerjasama kita semua dalam kebersamaan antara umat,”terang Ketua FKUB Pati Dr.H.Achmad Choiron,MA.g. (Stn/Pendim)

Tinggalkan Komentar