oleh

Di Pemalang Harga Daging Sapi Relatif Stabil

Pemalang – Awal tahun 2021 dalam kondisi Pandemi Covid-19 dan musim penghujan, harga adaging sapi di Kabupaten Pemalang masi relatif stabil, berkisar Rp.115 ribu sampai dengan Rp.120 ribu per kilogramnya. Pernyataan tersebut disampaikan Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen, Bidang Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Pemalang, Eko Wijayanto di Kantornya, Kamis (21/1).

Eko mengatakan, Diskoperindag setiap harinya intens melakukan pemantauan terhadap harga daging sapi. Namun demikian, Apabila terjadi lonjakan harga yang terlalu tinggi, maka pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Bulog perwakilan wilayah Tegal.

” Untuk daging sapi, biasanya teman-teman dari Bulog bisa bekerja sama melakukan operasi pasar. Mungkin yang disediakan mereka bukan daging segar tapi daging beku “. ujar Eko.

Untuk harga daging beku,  sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) dikisaran Rp.80 ribu perkilogram. Sedangkan untuk daging segar HET-nya dari Kementerian Perdagangan, Rp 130 ribu perkilogram.

Pantauan harga, kata Eko, setiap harinya dilakukan oleh Diskoperindag di lima titik yang mewakili wilayah kota, wilayah pantura dan wilayah selatan. Untuk wilayah kota patokannya di Pasar Pemalang, sedangkan untuk wilayah pantura di Pasar Petarukan dan Comal. Sementara untuk wilayah selatan di Pasar Randudongkal dan Belik. Eko menambahkan, para pedagang masih menggunakan daging lokal. Untuk pasokan daging sapi pedagang mengambil dari Rumah Potong Hewan (RPH) Wiradesa-Pekalongan dan RPH lokal Pemalang.

Eko mengharapkan, harga semuanya bisa tetap stabil, sehingga antara konsumen dan UKM atau pelaku usaha bisa seimbang dan sama-sama menguntungkan.

Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Pemalang, Tarmui mengatakan, Ia mengambil daging dari Pekalongan. Untuk daging yang di jualnya saat ini seharga Rp. 120 perkilogramnya.(RedG/APM)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed