oleh

Desa Pamutih Sudah Siapkan Sarana Penangan Covid Melalui PPKM Skala Mikro

Pemalang – Desa Pamutih, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang telah siap menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Beberapa sarana fisik dalam penangan Covid-19 di tingkat desa sudah disiapkan. Sudah tersedia tempat isolasi mandiri, upaya pelacakan , penelusuran dan pengujian (pengujian) dalam kasus kasus Covid-19.

Hal ini terungkap dalam pemantauan dan evaluasi (Monev) Covid-19 pemberlakuan PPKM skala mikro oleh tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pemalang.

Dikemukakan oleh salah satu tim monev dari pemerintah kabupaten Pemalang, Rahman.

“Kami melihat, kesiapan Desa Pamutih sudah sangat siap dalam rangka penanganan Covid-19. Sudah tersedia tempat isolasi mandiri, Upaya pelacakan, penelusuran, dan pengujian (pengujian) dalam pemeriksaan sebaran kasus Covid-19 sudah dipersiapkan,” jelas Rahman.

Tim yang terdiri dari unsur satgas covid-19, TNI, Polri, Puskesmas, dan Pemda Pemalang dalam hal ini diwakili oleh Dinas Perkim dan Dinas PU Pemalang yang didampingi langsung oleh Danramil 05 / Ulujami Kapten Inf. Shodikin, Kapolsek Ulujami AKP. Suryadi, SH serta tim Satgas Covid-19 Kecamatan Ulujami disambut langsung oleh Kepala Desa Pamutih, Purwati beserta staf dan Perangkat Desa.

Rombongan langsung posko PPKM Mikro Desa Pamutih yang terletak di Balai Desa Pamutih sekira pukul 10.00 wib.

Kegiatan ini menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan. Instruksi tersebut terjadi dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah tanggal 8 Februari 2021 tentang PPKM Berbasis Mikro di Jawa Tengah.

Menurutnya, untuk Kabupaten Pemalang khususnya Kecamatan Ulujami kesiapan tingkat Desa sudah siap, terlebih dahulu untuk Desa Pamutih. Tim monev Pemda Pemalang melihat, infrastruktur pada Posko PPKM sudah sesuai metode penanganan Covid-19.

Kepala Desa Pamutih, Purwati menerangkan Pemerintah Desa beserta relawan terus memaksimalkan secara sungguh-sungguh dalam mencegah wabah Covid-19 di Desanya.

Menurutnya, Pemerintah Desa Pamutih merasa bersyukur, dengan adanya posko PPKM Mikro ini sangat membantu dan menyebarkan wabah Covid-19 di Desa Pamutih.

“Alhamdulillah dengan sejak berdirinya Posko PPKM Mikro tanggal 8 februari dapat menekan angka penyebaran di Desa kami. Pemerintah Desa dapat melakukan pencegahan lebih awal dengan melibatkan semua unsur, mulai dari tingkat RT, RW, Kadus, Bidan Desa, Babinsa, Babhinkamtibmas”. Ungkap Kepala Desa Pamutih Purwati.

Kepala Desa Pamutih berharap, masyarakat dapat berperan aktif dalam pencegahan, dan penanganan Covid-19 di desanya dengan melaporkan segala aktifitas masyarakat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M antara lain Memakai masker, menggunakan tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Pemerintah Desa, dalam hal ini Kepala Desa beserta staf dan Perangkat Desa berterimakasih kepada masyarakat dan pihak terkait yang telah mengkampanyekan protokol kesehatan,” imbuhnya. (RedG / kontributor Rizqon Arifiyandi)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed