Semarang – Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) daerah Kabupaten Semarang diawal tahun 2019 melakukan gebrakan dalam rangka pemberdayaan terhadap anggotanya dengan mengadakan kegiatan super outbond bagi pengurus, pengawas dan pengelola koperasi di Kabupaten Semarang.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu (20/1/2091) yang lalu itu,  bertempat di Rumah Makan Kebon Raja Ungaran di ikuti lebih dari 100 orang perwakilan koperasi. Kegiatan dengan mengambil tema commitment to grow togehter ini diisi narasumber profesional yang juga motivator nasional dari Toha Center Putra (TPC) Semarang.

Alam terbuka
Samsul Ridwan ketua Dekopinda Kabupaten Semarang mengatakan bahwa ini gebrakan awal dari dekopinda agar para pengurus, pengawas dan pengelola bisa lebih meningkatkan kinerja di koperasinya masing-masing. Pihaknya juga berharap dengan acara seperti ini bisa meningkatkan sinergitas semua pihak.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Semarang, Yosep Bambang Tri dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting bagi koperasi karena bisa melatih kepemimpinan apalagi di alam terbuka. Beliau menjelaskan bahwa belajar di alam terbuka seperti ini tidak hanya teori melulu tetapi langsung bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari.

“Kenapa belajar memilih alam karena alam tidak pernah bohong dan alam selalu konsisten”. Terang Yosep.

Meningkatkan kinerja
Lebih lanjut kadinas mengatakan bahwa di Kabupaten Semarang dari total koperasi sebanyak 359 koperasi hanya 140 yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), untuk itu beliau berharap agar koperasi bisa memenuhi kewajibannya dengan melaksanakan rapat anggota tahunan tepat waktu.

Acara super out bond ini dikemas dengan motivasi pribadi untuk meningkatkan kinerja di koperasinya. Selain itu juga diajarkan bagaimana bekerja dalam tim sehingga endingnya sesuai dengan tema yaitu ada komitmen untuk bersama-sama membangun koperasinya.(RedG Kontributor samsul/01)

Tinggalkan Komentar