oleh

Datangi Kementerian BUMN dan Mabes Polri APIP-JAMBI Tuding Dugaan Mafia di PT. PAL dan Melibatkan Pihak Bank BNI Tbk

Jakarta – Pemuda dan mahasiswa jambi yang tergabung dalam Aliansi Pergerakan Pemuda Intelektual Peduli Jambi ( APIP-JAMBI) mendatangi Kementerian BUMN dan Mabes Polri, ini merupakan aksi yang ke tiga kalinya dalam menyampaikan aspirasi atas dugaan tindak pidana korupsi (TIPIKOR) dan dugaan TPPU terkait Penyalahgunaan Dana Pinjaman dari Bank BNI Tbk. oleh PT. Prosympac Agro Lestari senilai Rp.106 Miliar untuk digunakan pengoperasian Pabrik Kelapa Sawit dan meningkatkan produksi dengan jaminan Pabrik Kelapa Sawit diatas lahan seluas 22,4 Ha. di Desa Sido Mukti Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi Prov. Jambi tahun 2018 yang mengakibatkan kerugian uang negara Miliaran rupiah, Senin (2 6/2/2024)

Zuhri selaku kordinator lapangan menyampaikan, Menteri BUMN harus segera melakukan supervisi dan monitoring terhadap pinjaman dana modal oleh PT. PAL ke Bank BNI Tbk tahun 2017-2018. Diduga adanya kejahatan mufakat yang dilakukan oleh Dirut PT. PAL bersama pihak Bank BNI Tbk dalam proses akad kredit demi memuluskan pencairan dana pinjaman tersebut, besar kemungkinan itu yang terjadi karena diduga background Dirut PT. PAL juga dari orang perbankan.

Disamping itu juga selain Bank BNI dibawah naungan BUMN diduga pihak Bank BNI yang terlibat dalam proses peminjaman modal oleh PT. PAL tahun 2017-2018 sekarang berada di Kementerian BUMN.

Menteri BUMN jangan tutup mata, Pasalnya Pabrik Kelapa Sawit yang menjadi agunan pinjaman diduga tidak mempunyai izin lingkungan, dan diduga Pabrik Kelapa Sawit tersebut hanya berjalan selama kurang lebih 6 bulan setelah peminjaman dari Bank BNI, bahkan diduga kuat pihak PT. PAL mengalihkan dana pinjaman tersebut ke pembangunan Swiss-bellhotel Kota Jambi dan Dieler Hino. Tambah zuhri

Baca Juga  Peduli Pendidikan Santri, Pesantren Ar-Ridha Terima Bantuan PLN

Sebelumnya APIP-JAMBI desak Kejaksaan Agung RI, KPK RI, BANK BNI Tbk dan hari ini kami desak Mabes Polri dan Mentri BUMN untuk usut tuntas perkara ini, selanjutnya kami akan giring perkara ini di BPK RI.

Kami meminta segera Aparat Penegak Hukum segera panggil dan periksa :
1. Dirut PT. PAL inisial ( V )
2. Dirut Bank BNI Tbk
periode 2017-2018
3. Dirut Swiss-belhotel kota jambi inisial ( V ) (RedG /*)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar