oleh

Dari Nelayan Hingga Para Pelaku Pengolahan Hasil Perikanan Terima Bantuan dari Bupati Bangka Tengah

Bangka Tengah — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalu Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah menggelar sosialisasi terkait dengan Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur (PIT) dan sekaligus penyerahan Bantuan Paket Perbekalan Nelayan, bertempat di Pantai Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (07/12/2023).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Bateng untuk melalukan pengendalian inflasi dari sektor perikanan.

“Salah satu penyebab kenaikan inflasi adalah produk perikanan, oleh karena itu upaya pengendalian inflasi terus digalakkan dengan mengacu pada 4k, yaitu ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan komunikasi efektif,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa Pemkab Bateng mendukung program pemerintah pusat dalam bidang kelautan dan perikanan untuk ekonomi biru dalam mengendalikan inflasi, salah satunya kebijakan PIT ini.

“Kebijakan PIT ini mengedepankan keberlanjutan sumber daya ikan sebagai basis pengelolaan dan mengoptimalkan manfaat ekonomi,” jelasnya.

Selain memberikan bantuan perbekalan, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman juga turut menyerahkan 3 bantuan hibah Bedah UPI (Unit Pengolahan Ikan) kepada Poklahsar atau Kelompok Pengolah Pemasar, yakni Aneka Snack Nurfiza Desa Cambai Selatan, Az Zahro Desa Batu Belubang, dan Aura Desa Cambai Selatan.

“Bantuan yang kita berikan ini adalah sebagai bentuk kepedulian bagi para nelayan maupun pelaku pengolahan hasil perikanan. Mereka ini adalah pahlawan protein bagi kami, jadi kami selalu terus berikan dukungan serta dorongan agar mereka terus bersemangat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Imam Soehadi, menyampaikan bahwa kebijakan PIT merupakan kebijakan pemerintah secara nasional.

“Kebijakan PIT bertujuan untuk mengatur alokasi penangkapan ikan terukur dengan pendekatan zonasi dan kuota penangkapan agar keberlanjutan perikanan tangkap ini tetap sustainable di seluruh wilayah nusantara,” kata Imam.

Baca Juga  Pererat Tali Silaturahmi Dengan Senam Bersama

Ia juga mengatakan penyerahan bantuan paket perbekalan nelayan merupakan bentuk dukungan Pemkab Bateng dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan bagi masyarakat nelayan.

“Melalui upaya-upaya ini, kami tentunya berharap produktivitas nelayan semakin meningkat sehingga pendapatan juga turut meningkat, dan volume produksi juga semakin bertambah,” imbuhnya

Salah satu penerima bantuan hibah Bedah UPI, Ariani (47), Poklahsar Aneka Snack Nurfiza, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

“Kami sebagai pengolah perikanan yang juga UMKM Bangka Tengah sangat senang serta berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Bupati Bangka Tengah juga Dinas Perikanan.

Lanjutnya, semoga dengan bantuan ini baik kami maupun para nelayan dapat terus sehat, semangat dan usaha kami terus bisa eksis juga berkembang dan yang pastinya lancar serta membawa barokah,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar