Klaten-Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf Ranno Tilaar dan Letkol Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P Dandim Klaten beserta Forokompimda Klaten mendampingi kedatangan Letjen TNI Doni Monardo Kepala BNPB dalam rangka mengecek Pengungsi di Lereng Gunung Merapi, Kamis (19/11/20).

Kedatangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau lokasi pengungsi akibat erupsi Gunung Merapi. Kunjungan tersebut untuk memastikan kesiapsiagaan antisipasi erupsi Gunung Merapi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, TNI, Polri, BPBD, Relawan dan masyarakat setempat.

Letjen TNI Doni Monardo menyampaikan bahwa BNPB memberikan bantuan dana sebesar 1 Miliar untuk penanganan erupsi Gunung Merapi, yang saat ini masih ditetapkan dalam Level III atau Siaga sejak Kamis (5/11).

Bantuan yang pertama diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Klaten, melalui Pjs. Bupati Klaten, Sujarwanto saat meninjau lokasi pengungsian sementara di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

“Hari ini BNPB memberikan bantuan sebesar satu miliar rupiah kepada setiap kabupaten. Di sini terdapat satu kabupaten dari DI Yogyakarta, yaitu Kabupaten Sleman, lantas sisanya tiga kabupaten dari Provinsi Jawa Tengah, ” ungkap Letjen TNI Doni Monardo Kepala BNPB.

Saat berada di Kemalang, Kepala BNPB tersebut meninjau Pos Pantau Merapi dan tempat pengungsian ternak sapi serta meninjau tempat pengungsian mandiri di Balai Desa Balerantai Kecamatan Kemalang Kab. Klaten.

Kepala BNPB juga menghimbau warga kemalang untuk selalu menerapkan protokoler kesehatan saat di lokasi pengungsian sementara, selain itu warga jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya, info merapi yang akurat adalah dari BPPTKG setempat ataupu Provinsi.

Kedatangan Kepala BNPB tersebut didampingi juga oleh Tety Saragih Irtama BNPB, Lilik Kurniawan Deputi II BNPB, Dody Ruswandi Deputi III BNPB, Prasinta Dewi eputi V BNPB, Egy Massadiah Tenaga Ahli Ka BNPB, Andi Eviana Ka Biro SDM dan Umum dan Kolonel Budi Irawan Korspri Ka BNPB.

Selain itu tampak hadir pula, Brigjend TNI Rimbo Karyono, S.I.P.,M.M Kapoksahli Pangdam, Kolonel Inf Ranno Tilaar Danrem 074/Wrt, Letkol Inf Joni Eko Prasetyo S.IP Dandim 0723/Klaten, Kapolres Klaten Kepala BPPTKG Yogyakarta dan juga Pjs Bupati Kabupaten Klaten. (RedG/Aris)

Tinggalkan Komentar