oleh

Danramil Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa, Ini Tujuannya

Wonogiri – Bertempat di pendopo Balai Desa Lebak Kecamatan. Pracimantoro Danramil 13/Pracimantoro (Kapten Cba Budi Waluyo) memberikan materi Wasbang dan Bela Negara kepada Siswa Siswi SMK Pancasila 7 Pracimantoro yang dihadiri lebih kurang 50 siswa, Sabtu (21/7/18).

 

Hadir dalam kegiatan antara lain Danramil 13/Pracimantoro Kpt Cba Budi Waluyo, Guru pendamping SMK Pancasila 7 Pracimantoro Suhut, S.Pd, Siswa Siswi SMK Pancasila 7 Pracimantoro.

Adapun Materi Wasbang yang disampaikan Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo) antara lain. Kita semua sadar bahwa saat ini kita hidup di era globalisasi yang seolah-olah negara tanpa batas (boardless) dengan segala bentuk dinamikanya. Globalisasi selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif yang memerlukan penanganan dan antisipasi.

Untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan globalisasi, diperlukan wawasan kebangsaan dalam memperkuat semangat Nasionalisme melalui pendidikan Bela Negara.

Beberapa bentuk pendidikan Bela Negara adalah melalui Resimen Mahasiswa, Pramuka, Pecinta Alam, dll untuk membiasakan diri belajar disiplin, kerjasama, dan tanggung jawab, serta memahami Wawasan Kebangsaan

Keberadaan suatu bangsa dalam bingkai Negara pada dasarnya dilandasi oleh 3 (tiga) hal mendasar yaitu: ”kesadaran”, ”semangat” dan ”tekad” yang kuat dalam memahami Wawasan Kebangsaan.

Setiap warga negara harus mencintai tanah air sebagai ruang hidup dalam menjalankan kehidupannya yang selalu mendapat ancaman baik dari dalam maupun luar negeri antara lain, diwujudkan menjaga lingkungan hidup, mengenal wilayah tanah air, dan mencintai produk dalam negeri agar tumbuh rasa Nasionalisme;

Bela negara bukan hanya perang mengangkat senjata tapi bagi pelajar belajar yang rajin menghormati guru itu juga merupakan bentuk bela Negara, dan sebagai generasi penerus bangsa marilah kita yang muda mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang lebih bermanfaat. (RedG-Aris)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed