oleh

Dandim Wonogiri Tinjau Kondisi Debit Air PLTA Wonogiri

Wonogiri- PLTA Gajah Mungkur atau PLTA Wonogiri adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air di Jawa Tengah yang berada di bawah area kerja PT Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Mrica. Terletak di Donoharjo, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf. M. Heri Amrulloh berkesempatan mengunjungi PLTA. Dengan didampingi oleh Kepala PLTA Wonogiri Anang Rosihan, Dandim berkesempatan berkeliling melihat situasi dan kondisi dari PLTA, Selasa(19/3).

Dalam kesempatan tersebut Kepala PLTA Wonogiri menjelaskan rinci kepada Dandim tentang situasi dan profil PLTA Wonogiri antara lain bendungan dengan Type Urugan batu dengan inti urugan tanah yang dipadatkan. Elevasi puncak bendungan 142 M dengan panjang bendungan 1.440 M. Volume timbangan batu untuk bendungan 1.996.000 m3 dan dilengkapi pintu pelepasan air( Splil Way ) sebanyak 4 buah yang mampu melepas air sebesar 1360 m3/dt.

Dijelaskan bahwa selain untuk pembangkitan tenaga listrik, PLTA Wonogiri mempunyai manfaat dan tujuan sebagai berikut Sebagai penanggulangan bencana banjir tahunan dengan mengatur debit dari 4000 m3/dt. Sebagai alokasi tempat wisata. Sebagai irigasi pengairan perkebunan dan dan pertanian warga jateng dan jatim( 23.000 ha). Untuk pembangkit listrik dengan kapasitas 2 x 6.2 MW..

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf. M. Heri Amrulloh menyampaikan bahwa tujuan melihat PLTA secara langsung adalah untuk mengetahui debit air dan bendungan karena sudah memasuki musim penghujan dan sudah terjadi bencana banjir di wilayah Kabupaten Wonogiri sendiri maupun di luar Kabupaten Wonogiri. ( RedG )

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed