Salatiga – Dan Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran Gunung Merbabu Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayogha Erawan memimpin apel pengecekan dalam rangka pemadaman Kebakaran Hutan Taman Nasional Gunung Merbabu( TNGN) yang ber alamat di Dusun Tekelan Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Rabu (17/10/2018) pukul 08.15 WIB.

 

Kebakaran yang terjadi sejak tanggal 14 Oktober 2018 tersebut diduga berasal dari Lokasi pertanian yang berada di bawah lereng gunung Merbabu, Musim kemarau yang panjang disertai angin kencang membuat api yang membakar semak yang kering dengan cepat menyebar di Lokasi Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM), sulitnya medan yang dilalui membuat warga masyarakat sekitar dibantu Aparat TNI dari Kodim 0714/Salatiga dan TIM SAR Kabupaten Semarang memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya dan juga menggunakan Pipa Saluran Air bagi warga.

Petugas pemadaman kebakaran (TNGN) terdiri dari tim relawan antara lain,. Kodim 0714/Salatiga : 20 orang, Masyarakat dusun Macanan : 25 orang, Masyarakat dusun Tekelan : 12 orang, Masyarakat dusun Gedong : 11 orang,Masyarakat dusun Ngaduman 40 orang, Masyarakat dussn Ngelo : 21 orang, TNGMB : 13 orang, MPA : 14 orang, Manggala : 1 orang, Damkar : 12 orang, Dalmas Polres Semarang : 8 orang, Satpol PP : 3 orang,Pinues : 1 orang, Rapi : 2 orang.

Dalam pelaksanaan pemadaman kebakaran api di gunung merbabu selain dengan menggunakan alat tradisional/seadanya Juga dibantu 1 Unit Helikopter untuk memantau penyebaran api dari udara, kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGN) Di Desa Tekelan Kecamatan. Getasan Kabupaten. Semarang diperkirakan telah mencapai luas kurang lebih 400 hektar. Tidak ada korban Jiwa pada musibah kebakaran yang terjadi di TMGM ini, Untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dan demi keamanan untuk sementara jalur pendakian dilereng Gunung Merbabu ditutup untuk sementara waktu sampai api dapat dipadamkan seluruhnya. (RedG kontributor Yudha Pendim0714)

Tinggalkan Komentar