oleh

Dandim 0710 Pekalongan dan Kapenrem 071/WK, Sosialisasikan Kesiapan Hari Infanteri

Pekalongan – Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha bersama Kapenrem 071 Wijaya Kusuma Kapten Inf Hendro Gunawan menggelar dialog interaktif, di Radio Kota Santri dalam rangka persiapan hari infanteri yang ke 70 Di Kabupaten Pekalongan, selasa (18/12).

” Hari infanteri akan dilaksanakan di alun-alun Kajen pada, rabu (19/12). Yang akan diisi dengan upacara dan penampilan tentara jaman dahulu,” jelas Dandim.

Lanjutnya, dalam kegiatan tersebut juga berakhirnya Tradisi  gerak jalan  Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya yang telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya yang telah menempuh jarak sekitar 250 Kilometer, dan merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Infanteri sebagai upaya untuk menggambarkan dan menghadirkan kembali perjalanan gerilya Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Jenderal Soedirman, yang juga merupakan Bapak TNI.

Peringatan hari infanteri ini juga dimaksudkan untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah serangan militer belanda ke kota yogyakarta yang lebih kita kenal dengan agresi militer II. Dimana pada tanggal 19 Desember 1948 Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat NO. 1/PB/D/1948 yang isinya ditujukan kepada angkatan perang RI untuk menjalankan rencana yang telah di tetapkan sebelumnya yaitu perintah siasat NO 1/1948 tanggal 12 Juni 1948 untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang semesta.

” Dengan memperingati hari infanteri seperti ini diharapkan akan menghidupkan kembali dan memperkokoh tekad dan semangat juang setiap prajurit infanteri dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta ini, seperti yang pernah ditampilkan oleh para pendahulu korps infanteri pada tahun 1948,”pungkas Dandim.(RedG kontributor Rusg)

Komentar

Tinggalkan Komentar