oleh

Dalam MPLS, Inilah Yang Disampailan Danramil di Depan Siswa Baru

Girimarto- Dalam rangka MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Danramil 19/Girimarto Kodim 0728/Wonogiri Kapten Cba Suparna, memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi para siswa baru di SMA N Girimarto sejumlah 156 siswa, Rabu (18/07/2018).

 

Dalam kesempatan tersebut, Kapten Cba Suparna menjelaskan secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Sehingga, para murid bisa mengerti dan tumbuh jiwa nasionalisme.

“Pembekalan Wawasan Kebangsaan ini kami berikan kepada para pesertaanak didik yang baru masuk sekolah sebagai generasi muda, adapun materi yang diberikan diantaranya materi Jati Diri Bangsa Indonesia, Wawasan Kebangsaan dan Anti Radikalisme,” jelasya.

Danramil menambahkan, “Pembekalan pengetahuan tentang kebangsaan, agar putra dan putri bangsa Indonesia turut ikut dalam membangun bangsa dan perlunya diberikan pengetahuan wawasan kebangsaan ini bisa dimulai sejak usia dini, jelasnya.

“Rasa Kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara negara-negara di dunia. Paham Kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi semangat kebersamaan, senasib, dan sepenanggungan. Sedangkan Semangat Kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan yang terpancar dari kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi ancaman,” paparnya.

Kebersamaan dan keakraban antara peserta siswa dan TNI pun sangat terlihat mulai saat pembukaan dan pemberian Wasbang, terkadang Danramil juga sedikit memberikan candaan dan gurauan agar peserta Wasbang tidak jenuh dengan materi-materi yang diberikan.

“Hal ini lah yang menjadi tujuan utama yaitu kebersamaan dan penumbuhan Rasa Nasionalis tanpa harus ditekan dan dipaksakan, karena hal itu akan muncul dari dalam hati sanubari mereka,“ tutup Kapten Suparna.

Kepala sekolah Drs Sumarman sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Terima kasih saya sampaikan kepada bapak Danramil (Kapten Cba Suparna) yang telah meberikan wawasan kepada anak didik kami, dengan harapan kedepan para siswa menjadi anak yang bisa dibanggakan serta tumbuh rasa nasionalisme,” tuturnya. (RedG-Aris)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed