oleh

Cetak Kader Ansor Lewat Pelatihan Kepemimpinan Dasar

Pemalang – Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) merupakan salah satu program kerja agenda kegiatan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Pemalang untuk cetak kader Ansor. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari mulai hari sabtu (25/9) dan Ahad (256/9), di Pendopo Balai Desa Banjarmulya Kecamatan Pemalang.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pemalang Isro Prianto mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mencetak para kader-kader Ansor yang handal dan berkarakter.

“PKD ini merupakan kegiatan yang telah kita nantikan, setelah sekian lama terhenti karena adanya pandemi. Kami selaku pimpinan dilingkup Kecamatan selalu berkoordinasi dengan pimpinan diatasnya. Soal PKD memang terhenti karena instruksi dari Pimpinan Pusat maupun Pimpinan Wilayah. Tapi kemarin sudah ada lampu hijau dari PW maupun PP untuk kegiatan PKD bisa dilaksanakan dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan pada surat edaran” Katanya.

Pada kesempatan tersebut hadir Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pemalang H. Aminul Fikar Lc, Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat. ST, Sekertaris PCNU Abu Joharudin Bahri, Camat Pemalang, Kepala Desa Banjarmulya, jajaran MWCNU Kecamatan Pemalang serta PRNU Desa Banjarmulya.

Menurut Wakil Bupati Pemalang, “Kegiatan PKD ini merupakan sebuah sarana bagi kita (GP Ansor) untuk melahirkan pemimpin-pemimpin yang berani dan tangguh menjaga marwah dan keutuhan NKRI, ke depan kader ansor harus bisa mandiri dengan menggali potensi kader seperti membangun Kemandirian Ekonomi”.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Pemalang H. Aminul Fikar Lc mengatakan, pelatihan ini merupakan elemen dasar proses pengkaderan untuk para kader GP Ansor yang militan.

Untuk itu diharapkan peserta PKD bersungguh-sungguh mengikuti seluruh materi yang nanti akan disampaikan oleh para Instruktur.

Baca Juga  Kapolda Jambi : Optimis Target Vaksinasi Covid-19 Tercapai

“Dalam PKD ini kami dari Tim Instruktur telah menyiapkan materi untuk para peserta, sehingga diharapkan setelah mengikuti PKD para peserta menjadi kader yang tangguh, militan dan mampu berkontribusi kepada masyarakat.” Tambahnya

Sementara itu, Sekertaris PCNU Kab Pemalang Abu Joharudin Bahri, dalam sambutan yang disampaikan, beliau merestui niat dan tekad jajaran panitia untuk menjadikan PKD ini sebagai langkah awal mencetak generasi yang unggul.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi momentum pembentukan dan penanaman ideologi ASWAJA dan pemahaman kebangsaan yang utuh. Kader Ansor harus menjadi pemuda yang unggul, karena kader Ansor merupakan kader penerus Nahdlatul Ulama,” dalam sambutannya.

Kegiatan PKD ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilanjutkan pemilihan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pemalang periode berikutnya pada ajang Konferensi Anak Cabang (Konferancab). Kegiatan berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan peserta memakai masker, menjaga jaga tempat duduk, dan cuci tangan pakai sabun / hand sanitizer. (RedG)

  • Penulis : Taufik Akbar R
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar