oleh

Cegah Virus Corona Anggota Kodim 0723 Klaten dibekali Pengetahuan

Klaten- Virus Corona saat ini menjadi trending topik yang ramai diperbincangkan di berbagai penjuru dunia. Virus yang pertama kali ditemukan di wilayah Wuhan Cina itu, kini telah mewabah hingga ke Jepang, Korea, Amerika Serikat, Malaysia hingga ke Singapura.

Virus Corona pada mulanya merupakan virus yang menginfeksi antar hewan, namun virus ini telah berevolusi dan menyebar ke dapat menginfeksi manusia, dengan gejala awal batuk, pilek, kelelahan, demam hingga sesak napas.

Berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional Cina, Virus Corona memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi.

Cepatnya penyebaran virus tersebut ke berbagai negara, menjadi perhatian khusus di Indonesia. Karena itu, sejumlah daerah diminta untuk turut serta mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona ini, prajurit dan PNS jajaran Kodim 0723/Klaten menerima penyuluhan kesehatan tentang penyebaran Pnemunia Virus Corona oleh Tim Kesehatan dari Klinik Pratama Kartika-23 Klaten, Senin (3/2).

Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso, S.I.P, dalam sambutan menyampaikan bahwa penyuluhan kesehatan ini sangat penting dilakukan mengingat saat ini perkembangan penyebaran Virus Corona semakin luas.

“Kita harus antisipasi untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan itu, baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat sekitar,” paparnya.

Dikatakan oleh Dandim, untuk mengantisipasi hal tersebut selain disuluh kesehatan, prajurit dan PNS serta Keluarganya, agar selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan dengan rajin berolahraga.

Sementara itu, dr Gunawan selaku narasumber menyampaikan, serangan Virus Corona sudah masuk ke beberapa negara di dunia.

Baca Juga  Akses Jalan Lancar, Siswa SDN 2 Jimbung ke Sekolah dengan Ceria

Diterangkan Dokter Gunawan mengutip dari Web MD, Coronavirus sebetulnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus Corona menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas. Meski begitu, infeksi beberapa jenis Virus Corona ternyata bisa berdampak serius.

Virus ini telah mengakibatkan 585 kematian akibat Middle East respiratory syndrome (MERS), yang muncul pertama kali pada 2012 di Arab Saudi. Sebelumnya pada 2003, corona virus menyebabkan 774 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Pada akhir Januari 2020, WHO mengindentifikasi 2019-nCoV di Cina dan ada sekitar 300 kasus yang teridentifikasi di Cina. Tiap negara telah menyiapkan upaya pencegahan dan pengamanan, namun virus corona tetap mampu menyebar ke seluruh dunia.

Virus Corona pertama kali diidentifikasi pada 1960, namun tidak diketahui asal virusnya. Nama corona virus berasal dari bentuknya yang mirip mahkota. Pada beberapa kasus, virus ini bisa menginfeksi hewan dan manusia.

Kebanyakan virus tersebut menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Coronavirus menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar