oleh

Cegah Karhutla di Kumpeh Ulu Polda Jambi Kerahkan Polairud

Jambi – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jambi mengerahkan seluruh personel satuan kerja, mulai dari Samapta, Brimob, dan Ditpolairud dan Polres Muarojambi dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Provinsi Jambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo saat diwawancarai menyebutkan, bahwa khusus di wilayah Kecamatan Kumpeh Ulu merevitalisasi kanal perlu keahlian khusus di perairan, maka pihaknya turunkan Direktorat Polairud.

“Kami terjunkan personel Polairud dan peralatannya karena di wilayah air,” ujar Jendral Bintang Dua tersebut, Kamis (25/3/2021).

Untuk personel Dit Polairud yang stanbay (siap) di wilayah kanal rawan Karhutla tersebut, sebanyak 12 personel, yang mana secara bergantian selama 14 hari.

“Untuk sift nya 4 orang satu tim dari Polairud per 3 hari,” lanjutnya.

Polairud Jambi standbay mencegah Karhutla (Foto: Humas Polda Jambi)

Sedangkan untuk kapal yang menyisir kanal yang ada, menurut Rachmad, Polairud menggunakan perahu karet Ditpolairud sebanyak 3 perahu karet yang dibantu pompong bantuan masyarakat serta kapal BPBD untuk melakukan patroli.

Untuk luasan kanal yang ada di wilayah Kumpeh Ulu sepanjang 25 km, sehingga selain terus melakukan patroli di kanal tersebut Polairud juga memantau aktifitas terjadinya Karhutla di wilayah Provinsi Jambi melalui asap digital.

“Dengan mengerahkan seluruh kekuatan dan peralatan yang ada dan usaha yang maksimal, kita bisa mencegah terjadinya Karhutla diwilayah Provinsi Jambi,” ungkap Rachmad.

Selain itu, tambah Rachmad, Direktorat Polairud juga bisa mencegah terjadinya perambahan hutan (Ilegal Loging). “Sehingga apabila adanya aktivitas ilegal logging di hutan yang tidak memungkinkan dikejar lewat darat bisa kami kejar dengan menggunakan boat milik Polairud,” tutup Kapolda. (RedG/Syah)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed