oleh

Cegah DBD, Forkopimcam Manyaran Bersinergi Basmi Sarang Nyamuk

Wonogiri – Pemerintah Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri menggelar Kegiatan Apel Siaga Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di halaman Kecamatan Manyaran yang dipimpin oleh Camat Manyaran Purwadi Hardo Saputro ,MM dan dilanjutkan operasi PSN di Dusun Gumuk, Desa Gunungan, Minggu (15/3).

Kegiatan tersebut bertujuan, untuk mencegah wabah demam berdarah dengue (DBD) sekaligus untuk memberantas sarang nyamuk Aedes Aegypti. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah setempat terhadap wabah bisa mengancam kesehatan masyarakat itu.

“Kita gandeng semua, kita bareng-bareng merawat lingkungan Dusun Gumuk Desa Gunungan ini. Agar masyarakat terbebas dari ancaman demam berdarah,” imbuh Camat.

Menurutnya, dengan kesadaran masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, sudah menjadi bentuk preventif dari DBD. Dasar ini dirasa merupakan tindakan pencegahan paling efektif untuk menghindarkan masyarakat dari demam berdarah.

Peltu Catur dalam hal ini mewakili Danramil 11/Manyaran Kpt Inf Agus Priyanto menyampaikan, pemberantasan media berkembangbiak nyamuk diyakini menjadi kunci utama dalam mengatasi dan mencegah demam berdarah.

Adapun kegiatan serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini meliputi Membersihkan setiap sudut selokan dan kubangan air, Membersihkan ruangan dan diupayakan tersinar cahaya matahari; Menutup, menguras dan mengubur setiap genangan air yang ada.

Pelda Catur juga mengimbau masyarakat yang memiliki kaleng atau gentong yang menampung air, hendaknya dikubur apabila sudah tidak dimanfaatkan. Atau memastikan tidak ada air yang tertampung di dalamnya.

Kegiatan Gertak PSN yang dilakukan Pemerintah Kecamatan ini merupakan bentuk perpanjangan tangan dari program pemerintah daerah, yakni mencegah sekaligus memberantas sarang nyamuk Aedes Aegypti.

“Apalagi, musim hujan saat ini berpotensi mewabahnya serangan demam berdarah dengue (DBD),” jelasnya.( red )

Komentar

Tinggalkan Komentar