oleh

Cara Peningkatan Swasembada Pangan

Wonogiri-Anggota TNI Babinsa Koramil 16/Jatiroto, Kodim 0728/Wonogiri dan petugas Balai Penyuluh Pertanian (PPL) membantu kelompok tani “Sridadi” melaksanakan penanaman perdana kedelai guna meningkatkan produktivitas pangan di daerah.

 

Ketua Kelompok Tani “Sridadi” Kelurahan Jatiroto , Sutardi menyampaikan, Kamis (19/7) dengan hadirnya TNI anggota Koramil-16/Jatiroto dan Babinsa serta juga penyuluh pertanian dalam memberikan pendampingan kepada kelompok tani merasa terbantu sekali.

“Saya sangat bersyukur sekali dan terimakasih yang sebesar-besarnya, karena mendukung kemajuan para petani, dalam uci coba dan percontohan tanam keledai saat ini” ujarnya.

Dikatakannya, penanaman perdana tanaman kedelai kelompok tani itu sudah menyelesaikan target penanaman kedelai kurang lebih seluas 2 hektare milik BPP Pertanian Kecamatan Jatiroto yang dikelola kelompok tani tersebut. Biji kedelai yang ditanam merupakan jenis benih varitas Anjasmoro.

Selaku ketua PPL Kecamatan Jatiroto Sardi menyampaikan, maksud dan tujuan penanaman kedelai dengan varitas baru, adalah sebagai ujicoba dan percontohan tanam kedelai varitas “Anjasmoro” yang ditanam di wilayah Jatiroto bisa menghasilkan panen yang baik, karena jenis kedelai varitas “Anjasmoro” adalah produk yang baru di uji cobakan di wilayah Jatiroto, dan nantinya apabila hasil panen baik akan dikembangkan diwilayah lain dalam lingkup wilayah Kecamatan Jatiroto.

Sementara itu, Danramil 16/Jatiroto Kapten Inf Sriyono menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota Babinsa Koramil 16 bersama PPL Sardi, membantu kelompok tani dalam tanam kedelai tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI guna meningkatken swasembada pangan didaerah.

Sebab, sambungnya, TNI dengan rakyat mendukung program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah demi mewujudkan ketahanan pangan yang menjadi komoditas utama dalam program swasembada pangan khususnya melalui tanam Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) di Kabupaten Wonogiri. (RedG-Aris)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed