Bupati Pimpin Upacara HUT Pramuka 2018

Wonogiri- Bertempat di Lapangan Talunombo Kecamatan Baturetno telah dilaksanakan kegiatan Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-57 tahun 2018, Selasa (14/8).

 

Hadir dalam kegiatan upacara peringatan HUT Pramuka adalah Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Ketua DPRD Setyo Sukarno, Setda Kabupaten Wonogiri Suharno, Danramil 05/Baturetno Kapten Inf Sumadi, Camat Drs.Teguh Setiyono, Kawarcab Wonogiri, unsur Kwaran Baturetno, KaMabigus Baturetno, Kepala Desa se-Baturetno, Peserta Upacara berjumlah kurang lebih 1.000 orang Anggota Pramuka.

Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Bupati Wonogiri Joko Sutopo membacakan amanat Tema Hari Pramuka ke 57 Tahun 2018 ini adalah “Pramuka Perekat NKRI”. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

“Saya optimis dan percaya bahwa Perkemahan adalah metode paling efektif untuk menyatukan anak-anak muda. Di bumi perkemahan, segala perbedaan menjadi kekuatan, di bumi perkemahanlah anak-anak muda belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaannya. Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan-kegiatan luar ruangan yang menyenangkan,” ujarnya.

Dia mengatakan Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak mud ayang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

“Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku,” jelasnya.

Dia melanjutkan dengan begitu maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

“Teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang,” ungkapnya.

Lebih lanjut ditambahkannya, ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.(RedG)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *